Selasa 09 Apr 2024 16:27 WIB

Direksi Pertamina Patra Niaga Pastikan Ketersediaan Gas LPG 3 Kg Hingga Pangkalan

Saat ini HET LPG 3 kg ditetapkan Pemda Yogyakarta sebesar Rp 15.500 per tabung

Pekerja mengangkut tabung gas elpiji 3 kg di Pangkalan Gas di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.
Foto: ANTARA/FAUZAN
Pekerja mengangkut tabung gas elpiji 3 kg di Pangkalan Gas di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga telah menambah pasokan LPG 3 kg sebanyak 7.36 juta tabung. Dalam upaya memastikan tabung gas LPG 3 kg tersedia cukup di lapangan, jajaran direksi Pertamina Patra Niaga melakukan pengecekan langsung ke pangkalan.

"Pengecekan dilakukan untuk memastikan ketersediaan LPG 3 kg di pangkalan resmi seiring penambahan LPG 3 kg yang telah dilakukan Pertamina Patra Niaga untuk antisipasi kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Lebaran 2024," jelas Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo dalam siaran pers, Selasa (9/4/2024).

Ega melakukan pengecekan langsung ke pangkalan-pangkalan LPG 3 kg si wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain stok, Ega juga memastikan pangkalan menjual LPG 3 kg dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) kepada masyarakat. Seperti di salah satu pangkalan LPG Supriyono di Kota Yogyakarta.

"Saat ini HET LPG 3 kg ditetapkan Pemda Yogyakarta sebesar Rp 15.500 per tabung, harga ini yang harus dijual pangkalan kepada masyarakat," jelas Ega.

Supriyono, pemilik pangkalan, menyatakan tidak ada masalah dengan stok LPG di tempatnya. "Pengiriman dari Agen lancar dan stok selalu ada. Kami berjanji akan menjual LPG 3 kg sesuai harga HET," tutur Supriyono.

Sebelumnya, Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga telah menambah pasokan LPG 3 kg sebanyak 7,36 juta tabung. Tambahan pasokan LPG 3 kg itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat seiring Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“Penambahahan alokasi LPG 3 kg diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada RAFI 2024. Penambahan juga dilakukan dengan hati-hati agar bisa tepat sasaran,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4/2024).

Dia menerangkan, terhitung kuota LPG 3 kg dari 19 Maret hingga 7 April  sebanyak 430.867 metrik ton (MT). Sedangkan realisasinya pada periode tersebut sudah mencapai 452.954 MT atau melampaui 5,1 persen dari kuota.

Irto menambahkan, pihaknya terus memantau kebutuhan LPG 3 kg hingga masa libur Lebaran selesai. Pertamina Patra Niaga memastikan stok LPG 3 kg aman berada di level 14-15 hari. Pasokan LPG 3 kg dia pastikan aman dan Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 5.027 agen siaga.

“Pertamina terus memonitor kebutuhan LPG 3 kg hingga akhir Lebaran dan kita lakukan penambahan ke daerah yang memang membutuhkan,” ujar Irto.

Lebih lanjut dia mengimbau masyarakat untuk membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi agar bisa mendapatkan harga sesuai HET. Untuk informasi pangkalan atau jika menemukan kendala dilapangan, masyarakat bisa menghubungi call center Pertamina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement