Ahad 07 Apr 2024 11:26 WIB

JAS Airport Services Kantongi Kerja Sama Baru dengan Maskapai Asing

JAS selanjutnya juga menangani groundhandling Air New Zealand.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Layanan JAS Airport Services.
Foto: Istimewa
Layanan JAS Airport Services.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) memastikan terus berupaya meningkatkan industri aviasi dengan aktif memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh pelanggan. JAS juga pada tahun ini akan memiliki tambahan kerja sama penanganan groundhandling dengan sejumlah maskapai asing. 

“Kami juga sudah mengantongi sejumlah maskapai yang akan bekerja sama untuk groundhandling di bandara-bandara Indonesia,” kata Direktur Utama JAS Adji Gunawan, Sabtu (6/4/2024). 

Baca Juga

Sepanjang kuartal I 2024, setidaknya JAS telah menangani groundhandling tiga maskapai asing baru. Selain itu juta menangani kedatangan kargo peralatan konser penyanyi asal Inggris Ed Sheeran. 

"Penanganan groundhandling tiga maskapai untuk pembukaan dua rute baru dan satu pembukaan kembali (reaktivasi) rute penerbangan mereka ke Indonesia serta penanganan kargo untuk konser Ed Sheeran menjadi bukti bahwa kepercayaan pemangku kepentingan begitu tinggi kepada JAS," jelas Adji. 

Adji menjelaskan sudah berbagai program yang telah dijalankan sepanjang kuartal I 2024. Pada 15 Januari 2024, JAS menangani groundhandling pembukaan resmi penerbangan maskapai Qatar Airways dari Hamad International Airport Doha (DOH) menuju Bandara Kuala Namu, Medan (KNO). Penerbangan tersebut dengan menggunakan pesawat Boeing 787-800. 

Pada rute tersebut, Qatar Airways beroperasi tiga kali sepekan pada Senin, Kamis, dan Ahad. Lalu pada 20 Januari 2024, JAS menangani groundhandling Juneyao Air dari Shanghai Pudong International Airport (PVG) menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) dengan menggunakan Pesawat Airbus A321-Neo yang beroperasi setiap hari dari dan ke Bali. 

Dia menambahkan, pada 1 Februari 2024, JAS juga membuka Tujuwan Lounge di area keberangkatan Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya (SUB). Tepatnya pada 25-26 Februari 2024, perusahaan menangani kedatangan kargo sebanyak 150 ton untuk peralatan konser penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran di Jakarta. 

"Penanganan kargo tersebut menggunakan dua pesawat Boeing 777F. Setelah dari Jakarta, kargo itu pun terbang dari Jakarta menuju Manila, Filipina, pada 3-4 Maret 2024 untuk konser Ed Sheeran selanjutnya," ucap Adji. 

JAS selanjutnya juga menangani groundhandling reaktivasi rute Auckland-Denpasar, Bali oleh Air New Zealand menggunakan pesawat Boeing 787-900 Dreamliner. Tidak hanya melakukan pelayanan kargo dan groundhandling saja, Adji mengatakan perusahaan juga terus meningkatkan pelayanan dengan memperoleh sejumlah sertifikasi di kuartal I 2024. 

"Perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO 22000:2018 yang dikeluarkan oleh Lloyd’s Register Quality Assurance (LRQA) yang berlaku di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) yakni sertifikasi untuk memastikan keamanan pangan di seluruh rantai makanan atau disebut juga sebagai Standar Food Safety Management System (FSMS)," ungkap Adji. 

Masih dari LRQA, PT JAS juga mendapatkan sertifikasi Hazard Analysis and Critical Point (HACCP) yang juga berlaku di CGK. "Ini suatu metode yang digunakan untuk memastikan tingkat keamanan dari produk makanan," ucap Adji. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement