Kamis 04 Apr 2024 18:56 WIB

Jelang Puncak Arus Mudik, Pertamina Jamin Stok BBM Aman

Ia mengatakan proyeksi pertumbuhan konsumsi hingga 5 persen.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution meninjau kesiapan pasokan BBM dan LPG di Surabaya, Kamis (4/4/2024).
Foto: Republika/Intan Pratiwi
Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution meninjau kesiapan pasokan BBM dan LPG di Surabaya, Kamis (4/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri ESDM Arifin Tasrif melakukan inspeksi kesiapan pasokan BBM selama momen mudik Lebaran tahun ini di TBBM Surabaya dan SPBU Nagel, Surabaya, Jawa Timur.

"Posisi stok kesiapannya cukup bagus. Pertalite stoknya 20 hari, begitu juga solar dan Pertamax 35 hari," kata Arifin di TBBM Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Arifin menjelaskan momen libur Lebaran yang cukup panjang mampu menjadi daya tarik pemudik pada tahun ini. Ia mengatakan proyeksi pertumbuhan konsumsi hingga 5 persen. 

"Ini juga delivery cargo sudah cukup lancar dan libur juga panjang. Jadi diharapkan tidak ada puncak arus ekstrem dan Pertamina siap melayani kebutuhan masyarakat," kata Arifin.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution menyampaikan layanan Pertamina telah disiapkan dalam kondisi prima. Tera pengecekan meter arus dari dispenser SPBU juga telah sesuai dengan ketentuan badan metrologi.

“Keakuratan dispenser yang ada di SPBU benar-benar baik jadi saya rasa baik dari sisi Terminal BBM-nya maupun SPBU-nya Pertamina sudah siap untuk melayani Lebaran di tahun 2024 ini” jelas Aflian.

Alfian menambahkan, sejalan dengan wilayah lainnya Pertamina Surabaya mempersiapkan layanan siaga 24 jam. Seluruh infrastruktur telah disiagakan, meliputi 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 5.027 Agen LPG, dan 71 DPPU.

“Kami telah mempersiapkan agen LPG siaga, juga SPBU modular di rest area yang tidak memiliki SPBU. Sementara juga dipersiapkan kantong-kantong untuk mobil tangki dan layanan motoris delivery service jika ada pelanggan terjebak kemacetan,” tutup Alfian.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement