Senin 01 Apr 2024 10:37 WIB

Tol Jakarta-Semarang Diskon 20 Persen, Catat Waktu Penerapannya

Pemberlakuan potongan tarif tol tersebut untuk semua golongan kendaraan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya. Diskon tersebut diberlakukan periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2024. 

“Potongan tarif tol 20 persen ini berlaku untuk tarif jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam pernyataan tertulisnya, Senin (1/4/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, potongan tarif tol tersebut akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik. Lalu dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Lisye menambahkan, pemberlakuan potongan tarif tol tersebut untuk semua golongan kendaraan berfungsi untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. Selain itu juga untuk menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

“Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal,” tutur Lisye.

Berikut waktu pelaksanaan diskon tarif Tol Jakarta-Semarang untuk arus mudik dan balik: 

1. Arus Mudik 

Potongan tarif berlaku untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dengan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

2. Arus Balik

Potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement