Ahad 31 Mar 2024 20:21 WIB

Tips Tabungan tak Ludes Saat Lebaran, Tahan Diri dari Godaan Diskon

Tak jarang, seseorang rela menghabiskan uang dalam jumlah fantastis.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana pusat perbelanjaan di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana pusat perbelanjaan di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen kumpul keluarga pada masa Lebaran memang ditunggu oleh masyarakat setiap tahunnya. Tak jarang, seseorang rela menghabiskan uang dalam jumlah fantastis untuk keperluan Lebaran.

Alhasil ketika momen Lebaran selesai, mungkin ada sebagian orang yang merasa kesulitan mengatur keuangannya karena telah jor-joran saat Hari Raya. Dikutip dari Ruang Menyala, salah satu cara agar tidak menguras tabungan saat Lebaran adalah memisahkan gaji bulanan dengan THR.

Baca Juga

"Pendapatan per bulan bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sedangkan THR dapat ditabung atau diinvestasikan sebagai dana Lebaran," kata Ahli Keuangan Lolita Setyawati di Ruang Menyala yang merupakan platform pengatur keuangan milik OCBC NISP dikutip Ahad (31/3/2024).

Saat Lebaran, juga harus bijak dalam menggunakan THR. Masih banyak yang berpikir momen Lebaran terjadi setiap setahun sekali, sehingga berbelanja banyak barang menjadi satu hal yang wajib dilakukan.  Cara bijak untuk mengatasi pemikiran seperti itu adalah membelanjakan uang sesuai dengan prioritas.

"Kamu bisa memeriksa rancangan anggaranmu, apakah barang yang hendak dibeli masuk ke dalam daftar prioritas atau tidak. Apabila tidak termasuk, kamu bisa mengesampingkannya," kata Lolita.

Perlu diingat, saat Lebaran bukan hanya membuat rencana anggaran, pengeluaran pun harus dicatat secara detail. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kondisi keuangan pasca Lebaran agar tetap stabil. Selain itu, catatan juga bisa menjadi evaluasi agar pada Lebaran mendatang agar bisa lebih berhemat.

Hal terpenting lainnya jangan mudah tergoda dengan berbagai diskon di berbagai online shop. Sehingga hal penting mengatur keuangan saat lebaran yang tepat adalah menahan diri saat melihat diskon.

"Sebelum Lebaran, kamu bukan hanya perlu menahan lapar dan haus, tetapi menghindari diri agar tidak mudah tergoda pada diskon juga termasuk suatu hal yang harus dilakukan. Berbelanja saat melihat diskon tidak membuatmu hemat begitu saja. Alih-alih mendapatkan harga miring, berbelanja ketika ada penawaran bisa membuatmu menghabiskan uang. Maka dari itu, coba tahan dirimu agar tidak tergoda pada diskon dan tanamkan prinsip, bahwa membeli di saat ada penawaran akan memicu pembengkakan pengeluaran," saran Lolita.

Lolita menambahkan, berinvestasi  juga bisa menjadi salah satu tips mengatur keuangan saat lebaran. Cara ini bisa melatih untuk belajar investasi demi masa depan. "Manfaatkan THR yang kamu peroleh untuk dimasukkan ke dalam tabungan dan investasi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement