Senin 01 Apr 2024 10:35 WIB

Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Jakarta-Semarang 20 Persen Saat Mudik

Diskon tersebut diberlakukan untuk periode arus mudik dan balik.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ribuan kendaraan antre di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023) pagi.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ribuan kendaraan antre di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya. Diskon tersebut diberlakukan untuk periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2024. 

“Potongan tarif tol 20 persen ini berlaku untuk tarif jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam pernyataan tertulisnya, Senin (1/4/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, potongan tarif tol tersebut akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik. Lalu dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Lisye menambahkan, pemberlakuan potongan tarif tol tersebut untuk semua golongan kendaraan berfungsi untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. Selain itu juga untuk menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

Jasa Marga memprediksi pada puncak arus mudik pada H-4 atau pada 6 April 2024. Pada periode tersebut terdapat 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta atau meningkat 0,03 persen terhadap Lebaran 2023 dan meningkat 66,8npersen terhadap lalu lintas normal. 

Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik yaitu pada H+4 atau 15 April 2024. Pada periode puncak arus balik terdapat 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta atau meningkat 13,2 persen terhadap Lebaran 2023 atau meningkat 131 persen terhadap lalu lintas normal. 

“Atas dasar tersebut, potongan tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” ujar Lisye.

Dengan potensi mobilitas masyarakat pada mudik Lebaran tahun ini yang melonjak pesat atau lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, Lisye mengharapkan potongan tarif tol tersebut dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang. Dengan begitu pemudik dapat mengatur waktu perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir sehingga dapat memanfaatkan potongan tarif tol.

Pemberlakuan potongan tarif tol untuk semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama. Lalu hanya untuk kendaraan dengan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode arus mudik yaitu mulai 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Sementara itu untuk arus balik, potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Diskon pada arus balik diberlakukan mulai 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement