Jumat 29 Mar 2024 15:01 WIB

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Langkah ini mendukung interkoneksi dan interoperabilitas antara Bank DKI dan BRI.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Bank DKI bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia difasilitasi PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin).
Foto: Republika.co.id
Bank DKI bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia difasilitasi PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin).

REPUBLIKA.CO.ID, JKARTA -- PT Bank DKI dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk memperluas layanan keuangan digital dengan dukungan teknologi dari PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin). Hal itu diwujudkan dalam momen penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara ketiga pihak.

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono meneken PKS dengan Funding and Retail Payment Strategy Division Head BRI, Andreas Hassim, serta Direktur Komersial Jalin Eko Dedi Rukminto di Jakarta pada Kamis (28/3/2024).

Baca: PT Vale Angkat Emily Olson dan Olga Kovalik Jadi Preskom dan Komisaris

Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukminto, menjelaskan, fitur cardless cash withdrawal (CCW) memungkinkan nasabah Bank DKI untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ribuan ATM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan itu bisa terjadi berkat teknologi yang disediakan Jalin.

"Langkah ini mendukung interkoneksi dan interoperabilitas antara Bank DKI dan Bank BRI untuk memperluas akses layanan keuangan," ujarnya dalam siaran di Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Eko menjelaskan, manfaat dari inisiatif itu sangat signifikan bagi kedua belah pihak. Bank DKI akan mendapatkan keuntungan dalam hal perluasan layanan kepada nasabah, peningkatan kualitas layanan yang mereka tawarkan, serta penguatan hubungan dengan nasabah yang sudah ada.

Langkah tersebut juga memungkinkan Bank DKI untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya dalam industri perbankan sembari aktif melakukan ekspansi di luar wilayah Jabodetabek. Sementara itu, BRI juga akan mendapat manfaat dari kemitraan itu.

Dengan membuka akses tarik tunai tanpa kartu kepada nasabah Bank DKI, BRI dapat meningkatkan volume transaksi layanan ATM yang dimiliki. "Komitmen ini tidak hanya mencerminkan kesungguhan kami dalam meningkatkan aksesibilitas layanan keuangan, tetapi juga menjadikan Jalin sebagai pemain utama dalam mendorong digitalisasi layanan perbankan di seluruh Indonesia," ucap Eko.

Plt Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara Bank DKI dengan BRI dan Jalin. "Melalui fitur cardless cash withdrawal (CCW) yang diakomodasi oleh Jalin pada aplikasi JakOne Mobile, nasabah Bank DKI kini dapat dengan mudah melakukan tarik tunai tanpa kartu pada jaringan ATM Bank BRI di seluruh Indonesia," ujar Amirul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement