Rabu 27 Mar 2024 02:30 WIB

Kereta Ekonomi Generasi Baru Produksi PT INKA Resmi Dioperasikan

Peningkatan fasilitas KA ekonomi generasi baru terbilang sangat signifikan.

Jejeran kursi dalam Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.
Foto: Antara/ PT KAI
Jejeran kursi dalam Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Rangkaian Kereta Api (KA) "New Generation" atau generasi baru kelas ekonomi KA Majapahit relasi Stasiun Pasar Senen-Malang (Pulang Pergi) produksi PT INKA (Persero) resmi dioperasikan PT KAI (Persero) mulai Senin 25 Maret 2024 untuk menambah layanan moda transportasi KA bagi masyarakat.

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) Agung Dwi Cahyono dalam keterangannya di Madiun, Selasa (26/3/2024), mengatakan, susunan rangkaian kereta tersebut menggunakan kereta jenis K3 (Ekonomi) dengan carbody stainless steel. Rangkaian terdiri atas 8 kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Baca Juga

Peningkatan kereta pada kelas ekonomi ini menjadi sinergi yang baik antar-BUMN di bidang perkeretaapian. PT INKA bangga atas diresmikan operasional KA Majapahit New Generation.

"Hal ini tentu menjadi sinergi yang luar biasa antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia KA terutama kelas ekonomi," kata Agung.

Agung menyampaikan, peningkatan fasilitas pada KA kelas ekonomi dirasa sangat signifikan dari generasi sebelumnya terutama pada bagian kursi.

Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 kursi dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus dan saling berhadapan.

Sementara pada kapasitas kereta ekonomi New Generation saat ini menjadi 72 kursi. Sehingga, jarak antarkursi menjadi lebih leluasa dengan formasi 2-2.

Kursi juga dapat disesuaikan kemiringan kursinya atau reclining dan diputar menyesuaikan dengan arah laju kereta atau revolving.

Ia menambahkan keunggulan lain dari Kereta Ekonomi New Generation adalah sudah dilengkapi pintu elektrik otomatis baik pada pintu masuk penumpang maupun pintu antar-kereta atau bordes.

Kemudian, gangway pada kereta menggunakan corrugated bellow yang mampu meredam noise lebih baik dari penggunaan rubber bellow pada kereta ekonomi sebelumnya.

"Rangkaian kereta ini juga sudah dilengkapi fasilitas tempat shalat dan wudhu sehingga penumpang dapat lebih nyaman dalam menjalankan shalat selama dalam perjalanan," kata dia.

Tidak hanya itu, pada setiap kereta sudah disematkan Passenger Information Display System (PIDS) untuk memberikan informasi dalam perjalanan. Serta dilengkapi CCTV pada setiap kereta sehingga dapat menambahkan rasa aman kepada penumpang.

Juga terdapat fasilitas dua toilet yang terpisah antara laki-laki dengan perempuan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

"Pada kereta ekonomi New Generation ini bukan hanya kereta penumpang yang diperbarui. Kereta makan juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior bercorak batik yang premium dengan aksen kayu dan pencahayaan lebih elegan, sehingga penumpang akan lebih nyaman dan merasakan kesan yang berbeda meskipun pada kereta kelas ekonomi," kata Agung menjelaskan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement