Jumat 22 Mar 2024 17:39 WIB

Pabrik Baterai Honda dan LGES di AS Ditargetkan Beroperasi Akhir 2024

Konstruksi pabrik LGES telah mencapai tahap akhir.

Seorang karyawan berjalan melewati logo LG Energy Solution di gedung perkantorannya di Seoul, Korea Selatan, 23 November 2021. Foto ilustrasi.
Foto: Reuters
Seorang karyawan berjalan melewati logo LG Energy Solution di gedung perkantorannya di Seoul, Korea Selatan, 23 November 2021. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrik baterai untuk kendaraan listrik (EV) antara Honda dan LG Energy Solution (LGES) ditargetkan selesai dan segera beroperasi pada akhir tahun 2024 di Jeffersonville, Ohio, Amerika Serikat.

"Ini adalah tonggak penting bagi tim LG Energy Solution-Honda karena struktur fasilitas pabrik baterai EV sudah memasuki tahap konstruksi akhir," ujar CEO Joint Venture LG Energy Solution-Honda Bob Lee dalam rilis pers yang diterima, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga

Pabrik yang dibangun di atas tanah seluas 609.000 m2 direncanakan akan memproduksi baterai berjenis lithium-ion tipe pouch pada 2025. Produk akan dipasok ke pabrik mobil listrik Honda di Amerika Utara.

Pembangunan pabrik ini dimulai pada Maret 2023 dengan total investasi mencapai 4,4 miliar dolar AS (Rp 69 triliun).

Saat ini, proses konstruksi pabrik telah mencapai tahap akhir. Sementara itu untuk proses rekrutmen sumber daya manusia juga telah dimulai dan berpotensi untuk menciptakan sekitar 2.200 pekerja baru ketika memulai operasinya.

LGES akan mengumumkan peluang karir baru dalam beberapa bulan mendatang. "Kami harap ini akan menginspirasi tenaga kerja generasi mendatang untuk terlibat dalam peran manufaktur canggih yang akan membantu memproduksi baterai lithium-ion dan akan menggerakkan model EV Acura dan Honda yang akan diproduksi di Ohio pada akhir 2025," kata COO New Joint Venture Company LG Energy Solution-Honda Rick Riggle.

Honda telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada 2050. 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement