Jumat 15 Mar 2024 17:51 WIB

Kapan Saja Pengemudi Perlu Menggunakan Rem Tangan?

Ada beberapa momen yang tepat untuk menggunakan rem tangan untuk berkendara aman.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Rem tangan (hand brake).
Foto:

3. Menghentikan kendaraan agar tidak menggelinding 

Ada kalanya pengendara menghadapi kemacetan lalu lintas saat menanjak dengan transmisi manual. Jauh lebih mudah untuk menahan mobil agar tidak terguling ke belakang dengan menggunakan rem tangan daripada menggunakan kaki pada rem kaki karena Anda memerlukan kaki kiri untuk menekan kopling.

4. Saat menunggu di persimpangan

Saat menunggu di persimpangan, ada dua alasan penting untuk menggunakan rem tangan. Pertama, jika kaki menginjak rem dan seseorang menabrak dari belakang, kaki akan terlepas dari rem, lalu akan menabrak mobil di depan.

Kedua, saat malam hari, lampu rem menyala terang dan kurang nyaman dilihat oleh pengemudi di belakang. Meski terkesan hal sepele, hal ini akan dihargai oleh pengendara yang berada di posisi belakang.

5. Di tikungan tajam

Rem tangan untuk drifting mungkin tidak digunakan di jalan raya, tetapi bisa dimanfaatkan saat berkompetisi seperti halnya dalam balapan. Rem tangan adalah salah satu cara terbaik untuk menggerakkan bagian belakang mobil di tikungan tajam. 

 

Ini juga merupakan salah satu cara para drifter memulai perosotan ke samping melalui tikungan. Namun, jangan berharap rem tangan standar bawaan mampu melakukan tugas tersebut karena ini memerlukan rancangan teknis yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement