Kamis 14 Mar 2024 22:23 WIB

Sarinah Dukung Gerakan Injourney Green untuk Bangun Ekosistem Pariwisata Berkelanjutan

Injourney Green sejalan dengan misi Sarinah untuk mengembangkan usaha berkelanjutan

Dirut Sarinah Fetty Kwartati ikut serta dalam penanaman di TMII bersama Injourney Grup
Foto: dok istimewa
Dirut Sarinah Fetty Kwartati ikut serta dalam penanaman di TMII bersama Injourney Grup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Sarinah, perusahaan yang bergerak di bidang ritel dan pengembangan properti, turut serta dalam Gerakan “INJOURNEY GREEN” yang diselenggarakan oleh Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Gerakan ini bertujuan untuk membangun ekosistem pariwisata berkelanjutan di Indonesia melalui penerapan inisiatif hijau di setiap aspek operasional InJourney.

“Gerakan ini sejalan dengan misi Sarinah yaitu Mengembangkan Usaha yang Berkelanjutan dan Menuju Kesadaran Lingkungan Pada Seluruh Rantai Nilai Usaha,” ungkap Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati.

Ia menyatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Salah satu contohnya, pada 8 Maret 2024, Sarinah bersama dengan seluruh member InJourney Group melakukan penanaman 15.000 pohon di berbagai wilayah operasional kerja di Indonesia.

Untuk Sarinah, sebanyak 200 pohon Tabebuya ditanam di area taman dan dibagikan kepada karyawan sebagai simbol komitmen terhadap pelestarian lingkungan. Selain itu, Sarinah juga mengikuti kegiatan fun bike, fun walk, dan green talks yang diinisiasi oleh Injourney untuk meningkatkan kesadaran karyawan dan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Sebelumnya, PT Sarinah dan Injourney Group juga telah melakukan program reforestasi di kawasan wisata Ijen. Sebanyak 1000 pohon ditanam di kawasan Paltuding, kaki Gunung Ijen. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian alam di kawasan Ijen, serta meningkatkan kualitas udara dan air di sekitar kawasan wisata.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen berkelanjutan, Sarinah berinisiatif untuk mendorong UMKM agar menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam menjalankan usahanya melalui Sarinah Pandu. Sarinah juga akan membangun ESG Corner yang berfungsi sebagai tempat menampilkan berbagai produk UMKM yang ramah lingkungan.

“Melalui Sarinah Pandu, Kami ingin membantu UMKM agar dapat berkembang dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” jelas Fetty. “ESG Corner akan menjadi wadah bagi UMKM untuk menampilkan produk-produk yang berkelanjutan atau menerapkan ESG. Corner ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM dan

berkontribusi pada pembangunan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.”

Gerakan “INJOURNEY GREEN” merupakan langkah nyata InJourney Group dan seluruh anggotanya, termasuk PT Sarinah, dalam mendukung terciptanya pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Dengan komitmen dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan pariwisata Indonesia dapat berkembang dengan mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement