Kamis 29 Feb 2024 15:51 WIB

Digempur Mobil Impor, Inggris Bebankan Pajak Kendaraan Listrik Murah dari China

China menawarkan mobil listrik dengan harga murah.

Rep: Rahma Sulistya  / Red: Friska Yolandha
BYD Atto 3. Inggris akan membebankan pajak bagi mobil listrik murah asal China.
Foto:

Meskipun mobil listrik yang lebih murah di Inggris dapat memfasilitasi akses konsumen yang lebih luas dan mendukung peralihan menuju transportasi listrik, prospek tarif dapat menaikkan harga dan memperlambat penggunaan kendaraan listrik.

Oleh karena itu, Inggris mempunyai tugas untuk menemukan jalan tengah yang mendukung produksi mobil dalam negeri, sekaligus memanfaatkan manfaat mobil listrik yang terjangkau dan kontribusinya terhadap penurunan emisi.

Dialog baru-baru ini di Departemen Bisnis dan Perdagangan Inggris telah menyoroti keunggulan kompetitif substansial yang dimiliki merek mobil listrik Tiongkok, dibandingkan perusahaan mobil domestik di Inggris, berkat subsidi dan insentif pemerintah yang signifikan yang meningkatkan penjualan.

Pakar industri menunjukkan bahwa pemerintah China telah mendorong industri mobilnya dengan subsidi yang besar, insentif pajak, dan fasilitas lainnya, sehingga memungkinkan perusahaan mobil China untuk menetapkan harga yang kompetitif di pasar Inggris. Subsidi pemerintah ini telah memberdayakan merek-merek China untuk melemahkan pesaing mereka sambil mempertahankan profitabilitas.

Selain itu, produsen kendaraan listrik China, yang terkenal dengan produksi mobil listrik China, mendapatkan keuntungan dari biaya tenaga kerja dan biaya produksi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Inggris. Biaya komponen dan bahan baterai umumnya lebih terjangkau di China.

Selain itu, upah rata-rata pekerja pabrik dan insinyur di China hanya sebagian kecil dari upah rata-rata di Inggris, sehingga meningkatkan daya saing kendaraan listrik China.

Dengan memanfaatkan skala ekonomi, faktor-faktor ini telah mendorong perusahaan-perusahaan China untuk mencapai efisiensi biaya yang luar biasa, sebuah tujuan yang sering kali sulit dicapai oleh merek-merek Inggris. 

 

Dengan mengalihkan penghematan biaya ini kepada konsumen melalui titik harga yang murah, mobil murah dari produsen kendaraan listrik China telah memikat pasar, terutama menarik pembeli yang memiliki anggaran terbatas tetapi ingin mencari nilai tambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement