Selasa 30 Jan 2024 15:55 WIB

PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat dan BUMDes Tunas Mekar Raih 10 BUMDes Terbaik

BUMDes Tunas Mekar terus maju dan berkembang karena didukung manajemen PTPN IV.

BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II berhasil raih penghargaan 10 besar BUMDes terbaik se-Provinsi Sumatra Utara atas kinerja tahun 2023.
Foto: PTPN
BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II berhasil raih penghargaan 10 besar BUMDes terbaik se-Provinsi Sumatra Utara atas kinerja tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II berhasil raih penghargaan 10 besar BUMDes terbaik se-Provinsi Sumatra Utara atas kinerja tahun 2023 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatra Utara.

BUMDES Tunas Mekar adalah Badan Usaha Milik Desa Afdeling II yang terletak di kecamatan Bilah Barat kabupaten Labuhan Batu. Sejak tahun 2021 BUMDES Tunas Mekar yang berada di atas HGU PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat telah menjalin kerja sama sewa lahan dengan PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat seluas 3.133 meter persegi.

Baca Juga

Regen Erasi Sitindaon, selaku Asisten Personalia Kebun PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat saat dimintai keterangan menjelaskan kerja sama sewa lahan ini dilaksanakan dengan mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan dan SOP Perusahaan.

“PTPN IV Regional 1 Khususnya Kebun Rantauprapat sangat mengapresiasi dan mendukung penuh BUMDes Tunas Mekar. Kerja sama sewa lahan yang kami lakukan dengan pihak BUMDes sejalan dengan Instruksi Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan terkait optimalisasi aset-aset BUMN. Untuk sekarang sedang berjalan proses adendum perjanjian sewanya, karena ada permohonan dari BUMDes untuk penambahan luasan yang awalnya 1.133 menjadi 3.133 meter persegi,” kata Regen Erasi dalam siaran persnya.

photo
BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II berhasil raih penghargaan 10 besar BUMDes terbaik se-Provinsi Sumatra Utara atas kinerja tahun 2023. - (PTPN)

BUMDes Tunas Mekar sejak awal berdiri sampai sekarang terus melalukan inovasi dan perbaikan untuk meningkatkan kinerja dan revenue guna mencapai tujuan yaitu menjadikan Desa Afdeling II sebagai Desa Mandiri. Berawal dari Bisnis Pertashop, sekarang BUMDes Tunas Mekar berhasil mendirikan warkop dan food court dengan lokasi yang berada tepat di tepi jalan lintas Sumatra. BUMDes Tunas Mekar telah menjelma menjadi salah satu rest area favorit bagi pengendara yang melintasi jalan lintas.

Siswan Bangun, Direktur Utama BUMDes Tunas Mekar menjelaskan keberhasilan BUMDes ini tidak lepas dari bantuan stakeholder BUMDes khususnya PTPN IV Regional 1 wilayah Distrik Labuhanbatu III khususnya Kebun Rantauprapat. “BUMDes Tunas Mekar bisa terus maju dan berkembang karena didukung oleh manajemen PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat. Dukungan yang sama diberikan Manajer Kebun Rantauprapat, Indrawan beserta seluruh karyawan itu menjadi kunci keberhasilan kami,” kata Siswan Bangun dengan penuh semangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement