Senin 08 Jan 2024 15:06 WIB

WSBP Komitmen Selesaikan Proyek Tol Japek II Selatan

Ruas tol Taman Mekar—Sadang merupakan ruas terpanjang dalam jalan tol ini.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Setelah sebelumnya dipercaya menyuplai PC Beam dan PC Plank  Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), masih proyek yang sama, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali ditunjuk paket Berth 5 & Roadway Proyek Jetty Lotte sepanjang 850 meter.
Foto: dok WSBP
Setelah sebelumnya dipercaya menyuplai PC Beam dan PC Plank Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), masih proyek yang sama, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali ditunjuk paket Berth 5 & Roadway Proyek Jetty Lotte sepanjang 850 meter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berkomitmen menyelesaikan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Japek II Selatan) yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Vice President of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto mengatakan WSBP berkontribusi dalam penyelesaian Tol Japek II Selatan) Paket 3 Seksi 3 Sukabungah-Sadang tersebut.

"Proyek Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer dengan total nilai kontrak sebesar Rp 247,85 miliar. Pekerjaan ini kami dapat dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai pemilik proyek," ujar Fandy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (8/1/2024).

Baca Juga

Fandy menyebut WSBP akan menjalankan kepercayaan melalui suplai produk terbaik sehingga bisa menyelesaikan sesuai target. Fandy mengatakan WSBP memberikan produk yang berkualitas dan layanan konsumen yang baik. Fandy berharap hal ini dapat memuaskan seluruh pelanggan perusahaan, baik pemerintah, BUMN, BUMD, maupun swasta.

"Pada proyek ini WSBP menyuplai 540 batang PC-I girder yang disuplai dari Plant Subang, Plant Karawang, dan Plant Bojonegara sejak Juni 2023, di mana WSBP telah menyelesaikan suplai PC-I  Girder sesuai target pada akhir 2023," ucap Fandy.

Fandy menyampaikan pemilihan PC-I girder pada pembangunan jalan tol ini sebagai tiang penyangga konstruksi bangunan tol, sehingga lebih kokoh dan memiliki daya tahan yang baik dan jangka panjang.

Sedangkan untuk suplai Readymix sudah dilakukan sejak Oktober 2022 , di mana WSBP menyuplai readymix kelas B-1, B-2, C-1, E, dan P sebesar 208.624 m3 dari BP Japeksel.

"Hingga saat ini progress suplai Readymix sudah mencapai 58,8 persen dan kami targetkan selesai pada kuartal I 2024. Sedangkan progress suplai untuk Readymix kelas A1, P, B1, B2, C1, D dan E

dengan total volume 399.999,78 m3 sudah mencapai 100 persen," lanjut dia.

Dengan kemampuan produksi yang tinggi dan berkualitas dari plant dan batching plant WSBP dan sumber daya manusia yang mumpuni, lanjut Fandy, WSBP yakin produk precast dan Readymix yang disuplai memiliki kualitas terbaik dan menghasilkan jalan tol yang dapat memberikan kenyamanan pengguna dalam waktu jangka panjang. Fandy mengatakan WSBP juga selalu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko dalam setiap kegiatan operasional yang dilaksanakan.

"Harapanya dengan penambahan jalan tol seksi 3 ini, dapat semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah seperti kawasan industri, perumahan, kawasan wisata, dan sebagainya pada koridor trase jalan tol tersebut," kata Fandy.

Sebagai informasi Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Selatan akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta. Di mana ruas

tersebut akan menghubungkan tiga jalan tol, yakni Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2, dan Purwakarta—Bandung—Purbaleunyi. Ruas tol Taman Mekar—Sadang merupakan ruas terpanjang dalam jalan tol ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement