Senin 11 Dec 2023 00:05 WIB

KFC, Pizza Hut, Unilever Tambah Nggak Cuan Gegara Boikot, Saatnya Lepas Lisensi?

Saham-saham emiten yang terkena boikot kompak turun di pasar saham.

Rep: Retno Wulandhari, Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Karyawan beraktivitas di dekat layar yang menampilkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (24/8/2023).
Foto:

2. Pizza Hut

Restoran Pizza Hut yang dikelola oleh PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) juga mengalami nasib yang sama. Dalam sebulan terakhir, saham PZZA  terpantau merosot 9,76 persen dalam sebulan terakhir. Akhir pekan ini, saham PZZA berada di level 370. 

Sebelumnya, Direktur Utama Pizza Hut Indonesia Hadian Iswara mengaku Pizza Hut sangat terdampak dengan adanya aksi boikot. Hadian tidak menjelaskan secara detail seberapa besar dampak atau kerugian yang diakibatkan oleh aksi boikot ini terhadap kinerja penjualan perseroan. Namun, sebelum mencuatnya imbauan boikot, kinerja perseroan memang dalam tren penurunan. 

Berdasarkan laporan keuangan hingga kuartal III 2003, Pizza Hut Indonesia mencatatkan kerugian Rp 38,95 miliar. Kerugian tersebut meningkat 9,74 persen dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 35,49 miliar.

Kinerja perseroan semakin terpuruk dengan adanya aksi boikot dan unjuk rasa di beberapa wilayah. Perseroan menghadapi unjuk rasa di Aceh, Sumatra, Bulukumba, Sulawesi, Pamekasan, Madura.

"Kami sampaikan Pizza Hut Indonesia menghormati aspirasi demokrasi rakyat Indonesia dan kami memahami bahwa situasi yang terjadi berdasarkan pada rasa simpati kepada rakyat Palestina," ujar Sekretaris Perusahaan Kurniadi Sulistyomo.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement