Sabtu 02 Dec 2023 10:16 WIB

Bank Sentral Kanada Diproyeksikan Pangkas Suku Bunga Tahun Depan

Penurunan suku bunga diperkirakan sebesar 100 basis poin pada tahun depan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Bank of Canada.
Foto: Reuters
Bank of Canada.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Bank Sentral Kanada akan mulai memangkas suku bunga pada kuartal II 2024. Kebijakan ini didukung inflasi dan perekonomian yang mulai melambat. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan biaya pinjaman dasar akan turun setidaknya satu persentase poin pada akhir 2024.

Gubernur Bank Sentral Kanada, Tiff Macklem mengatakan, dalam pidatonya baru-baru ini suku bunga sekarang mungkin cukup ketat. "Dengan hilangnya permintaan berlebih dan pertumbuhan yang lemah diperkirakan akan terus berlanjut sehingga sebagian besar orang menyimpulkan bahwa bank sentral sudah selesai menaikkan suku bunga. Saat ini, ini bukan waktunya untuk mulai memikirkan pemotongan suku bunga," kata Macklem dikutip dari Reuters, Jumat (1/12/2023). 

Baca Juga

Meskipun perekonomian diperkirakan tumbuh sebesar 0,2 persen secara tahunan pada kuartal terakhir setelah mengalami kontraksi 0,2 persen pada bulan April-Juni 2023 inflasi telah turun secara signifikan menjadi 3,1 persen pada bulan lalu. Penurunan tersebut terjadi dari puncaknya sebesar 8,1 persen pada Juni 2022.

Satu dari 26 ekonom dalam jajak pendapat Reuters yang dilakukan pada 27-30 November memperkirakan Dewan Komisaris sekarang akan mempertahankan suku bunga pada level lima persen hingga Maret 2024.  Serupa dengan perkiraan Federal Reserve AS, hanya Barclays yang memperkirakan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin lagi pada Januari 2024. 

 

“Terlihat jelas dalam dua kuartal terakhir, suku bunga pada kisaran lima persen merupakan hambatan yang signifikan. Ini hal yang diinginkan saat ini sementara Dewan Komisaris berupaya untuk mengurangi inflasi, namun hal ini terlalu sulit untuk dipertahankan selama setahun penuh ke depan," kata Kepala Ekonom CIBC Capital Markets, Avery Shenfeld.

Jajak pendapat tersebut memperkirakan Bank Sentral Kanada akan mulai memotong suku bunga mulai kuartal kedua 2024. Penurunan suku bunga diperkirakan sebesar 100 basis poin pada tahun depan, lebih besar dari ekspektasi The Fed sebesar 75 basis poin.

Selain itu, sekitar 70 persen ekonom memperkirakan tingkat suku bunga akan berada pada level empat persen atau lebih rendah pada akhir 2024. Hal itu jauh di bawah perkiraan The Fed dalam kisaran 4,5-4,75 persen. 

"Bank Sentral Kanada akan berpikir ke depan dengan suku bunga kebijakannya yang masih sebesar lima persen dan pada dasarnya akan menyimpulkan bahwa siklus kenaikan suku bunga telah berhasil dan perlu mulai beralih ke arah kebijakan moneter yang lebih normal," ujar Asisten Kepala Ekonom RBC, Robert Hogue.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement