Selasa 21 Nov 2023 00:05 WIB

Mewahnya Mobil Listrik Buatan Produsen China, Nio

Ini kendaraan listrik pertama yang dilengkapi chip otonom.

Mobil listrik ultra Mewah produsen mobil China, Nio.
Foto: Nio
Mobil listrik ultra Mewah produsen mobil China, Nio.

REPUBLIKA.CO.ID -- Presiden Nio dan salah satu pendiri Nio, Qin Lihong, mengatakan perusahaan akan meluncurkan produk besar pada Hari Nio di Desember 2023. Menurut sumber CarNewsChina yang mengetahui masalah ini, sedan listrik mewah seharga 1 juta yuan (140 ribu dolar AS) ini akan bersaing dengan kelas Maybach S di China.

Desember tahun lalu, media China melaporkan Nio, salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di China, sedang mengembangkan mobil termahalnya, kendaraan listrik ultra-mewah mirip Maybach yang akan diluncurkan pada tahun 2023. CEO Nio William Li sebelumnya mengumumkan bahwa mereka tidak akan meluncurkan produk baru apa pun pada tahun 2024. Menurut reviewer mobil Cina Sean dari Telescope, mantan karyawan Nio, sedan baru tersebut akan diluncurkan pada tahun 2025.

Baca Juga

Hari Nio akan diadakan di Xi'an pada bulan Desember depan. Menurut media otomotif Cina AutoHome, sedan andalan tersebut akan memiliki lencana Nio dan tidak akan dioperasikan oleh submerek mana pun yang akan datang pada tahun 2024 (Alps, Firefly) yang didedikasikan untuk kendaraan entry-level.

Menurut Telescope, sedan baru ini akan menggunakan platform NT3 baru Nio, menjadi kendaraan listrik pertama yang dilengkapi dengan chip otonom yang dikembangkan sendiri oleh Nio. Ia juga akan memiliki jarak sumbu roda ekstra panjang 3,3 meter. Ini adalah waktu yang sangat lama sehingga akan berada pada batas atas dari apa yang dapat ditangani oleh Power Swap Station (PSS) generasi ketiga. Artinya, penukaran baterai di PSS generasi 1.0 atau 2.0 tidak dapat dilakukan.

Nio meluncurkan motor 300 kW generasi baru pada bulan Agustus, dan kendaraan listrik andalan barunya hampir pasti akan diluncurkan.

Nio punya banyak hal akhir-akhir ini. Selain bergerak ke pasar kelas atas dengan sedan andalan baru dan bergerak ke pasar bawah untuk menawarkan kendaraan listrik yang lebih terjangkau dengan merek Alps dan Firefly. 

Nio juga mengembangkan chipnya, mempertahankan jaringan stasiun pertukaran baterai, dan menavigasi ekspansi kompleks ke pasar Eropa di mana mereka menghadapi BBA , istilah untuk trio Jerman Benz, BMA, Audi di kandang mereka alias pasar China. 

Tahun 2024 akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi produsen mobil yang berbasis di Hefei karena tidak akan meluncurkan produk baru berlencana Nio; hanya sedikit facelift yang diharapkan, dan perlu memasarkan dan membuktikan sub-merek terbaru. 

 

sumber : carNewsChina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement