Kamis 26 Oct 2023 20:01 WIB

Honda Mungkin Mempercepat Masuknya Mobil Listrik ke Indonesia

Line up mobil listrik Honda terus bertambah.

Rep: Firkah Fansuri dari Tokyo, Jepang/ Red: Firkah fansuri
Mobil SUV Honda bertenaga listrik Honda Prologue siap dijual di awal tahun 2024 di kawasan Amerika. Akankah segera masuk ke Indonesia?
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Mobil SUV Honda bertenaga listrik Honda Prologue siap dijual di awal tahun 2024 di kawasan Amerika. Akankah segera masuk ke Indonesia?

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO—Honda di Indonesia sampai saat ini masih melakukan tahap studi untuk memasarkan mobil listrik. Namun demikian, rencana Honda memasukan mobil listrik ke Indonesia bisa jadi lebih cepat dari yang direncanakan semula.

Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan kemungkinan dipecepatnya mobil listrik Honda masuk ke Indonesia bisa saja. “Sangat mungkin,” kata Billy saat ditanya apakah Honda bisa mempercepat masuknya Mobil Listrik ke Indonesia di sela-sela Japan Mobility Show 2023 di Tokyo, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Honda salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia sampai saat ini belum memasarkan mobil listrik. Padahal pesaingnya sama–sama asal Jepang seperti Toyota dan Nissan telah menjual mobil listrik.

Produsen lain dari luar Jepang, seperti Citroen , Hyundai, MG, dan Wuling telah juga masuk ke pasar Indonesia dengan produk mobil listriknya. Honda belakangan memang memasarkan mobil elektrifikasi namun itu teknologi hybrid di model All New CR-V.

 

Billy mengatakan saat ini line up mobil listrik yang dimiliki Honda masih terbatas. Tantangan lainnya adalah komponen mobil listrik masih mahal dan susah. “Tapi secara unit mobil listrik Honda pun terus bertambah. Honda terlihat sedikit tertinggal. Tapi itu akan segera dikejar,” ucapnya.

Menurut Billy Honda berkomitmen untuk mengatasi masalah lingkungan dan energi global dengan berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. 

Honda menargetkan mencapai 100 persen elektrifikasi untuk semua modelnya secara global pada tahun 2040. Untuk mendukung langkah tersebut, Honda juga telah mengumumkan akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga tahun 2030, dengan total produksi menjadi 2 juta unit per tahunnya.

Namun demikian jika ingin melihat seriusnya Honda terhadap mobil listrik sangat tergambar dari stan Honda Motor di ajang Japan Mobility Show 2023 yang berlangsung di Tokyo mulai 25 Oktober sampai 2 November 2023 ini.

Kendaraan roda empat yang ditampilkan di stan Honda semuanya mobil listrik. Satu-satunya mobil berteknologi hybrid adalah mobil konsep Honda Preluda. Tidak ada satu pun mobil yang bertenaga pembakaran internal. Padahal di ajang Tokyo Motor Show 2019, Honda memajang mobil-mobil pembakaran internal seperti Honda Fit atau dikenal dengan nama Honda Jazz di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement