Ahad 22 Oct 2023 13:40 WIB

Sering Diabaikan, Ini 4 Alasan Penting Memiliki Asuransi

Asuransi mengurangi risiko jika pencari nafkah meninggal dunia atau cacat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
ilustrasi polis asuransi
Foto: change.org
ilustrasi polis asuransi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asuransi memiliki peran vital dalam kehidupan karena dapat mengurangi beban keuangan akibat berbagai hal tak terduga, seperti risiko kesehatan atau kecelakaan. Mengatasi risiko itu, asuransi menjadi solusi efektif untuk melindungi dan menanggung pengeluaran tak terduga.

Secara sederhana, asuransi adalah produk keuangan yang bertujuan melindungi nasabah dari kerugian finansial dengan memberikan berbagai pertanggungan. Jenis asuransi bervariasi, mencakup asuransi kesehatan, jiwa, asuransi mobil, dan lainnya sesuai kebutuhan nasabah.

Baca Juga

Agar terhindar dari risiko finansial, memiliki asuransi memiliki beberapa alasan penting. Co-Founder yang juga CMO Lifepal Benny Fajarai memaparkan alasan penting memiliki asuransi.

1. Solusi terhadap risiko pengeluaran mendadak

Dengan memiliki asuransi, seseorang dapat merasa lebih aman dan terlindungi dari risiko finansial yang tak terduga. Baik risiko kesehatan, maupun kecelakaan hingga meninggal dunia.

"Setiap orang berpotensi jatuh sakit, dan biaya pengobatan di rumah sakit dapat menjadi beban finansial yang besar. Asuransi kesehatan dapat menanggung berbagai biaya kesehatan di rumah sakit, termasuk manfaat rawat jalan," kata Benny.

Tak hanya risiko kesehatan, asuransi juga dapat menghindari pengeluaran mendadak akibat kecelakaan ataupun investasi untuk perawatan kendaraan. Hal itu yang ditawarkan oleh asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil memberikan proteksi atas berbagai risiko seperti kerugian, kerusakan, atau kehilangan terhadap kendaraan. Cakupan pertanggungan asuransi kendaraan terhadap berbagai risiko kerugian, seperti terendam banjir, rusak karena menabrak atau tertabrak, dan sebagainya.

2. Memberikan rasa tenang

Kepemilikan asuransi memberikan rasa tenang karena nasabah tahu berbagai risiko yang tercakup dalam polis dapat dialihkan kepada perusahaan asuransi. Misalnya, asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan, mengurangi kekhawatiran terkait pengeluaran tak terduga.

Begitu juga dengan asuransi mobil, akan menanggung biaya kerusakan pada kendaraan. Dengan begitu, akan membuat kita lebih tenang dalam berkendara di setiap harinya.

3. Mengatur keuangan lebih baik

Ketika kendaraan yang dimiliki rusak, secara tidak langsung akan berdampak pada pengaturan keuangan. Misalnya, kendaraan pribadi mogok akibat terendam banjir, maka dana darurat atau tabungan bisa digunakan untuk biaya perbaikan tersebut.

Begitu juga dengan pemegang polis asuransi kesehatan, maka dapat memiliki akses ke fasilitas kesehatan terbaik di rumah sakit. Dengan begitu, tak perlu khawatir saat harus berobat, karena perusahaan asuransi yang akan menanggung biayanya.

"Dengan catatan, seluruh risiko itu sesuai dalam kesepakatan polis asuransi yang dimiliki," kata Benny.

4. Mengurangi risiko jika pencari nafkah meninggal dunia atau cacat

Asuransi jiwa dapat menjaga keamanan finansial untuk keluarganya jika pemegang polis meninggal dunia. Proteksi ini dapat memberi jaminan keluarga dapat melanjutkan hidupnya dengan layak secara ekonomi.

Asuransi jiwa juga dapat memberikan santunan jika pencari nafkah utama mengalami cacat total. Proteksi ini membantu keluarga jika tulang punggung keluarga tidak dapat bekerja lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement