Sabtu 07 Oct 2023 22:01 WIB

Cegah Penyalahgunaan BBM, Pertamina Latih Operator SPBU Swasta

Ini agar operator SPBU memahami regulasi penyaluran BBM secara tepat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi SPBU.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi SPBU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat kembali melakukan pelatihan atau upskilling Pengawas dan Operator SPBU Dealer Owner Dealer Operate (DODO) yaitu SPBU yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh swasta untuk wilayah DKI Jakarta dan Depok. Adapun salah satu pelatihan yang diberikan agar operator SPBU memahami regulasi penyaluran BBM secara tepat. 

Region Manager Retail Sales Regional Jawa Bagian Barat, Fanda Chrismianto, mengatakan, pengawas dan operator SPBU DODO tidak hanya diberikan pelatihan mengenai standar pelayanan, keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja tapi juga diberikan pengetahuan mengenai regulasi penyaluran BBM dan pelanggaran hukum dalam pendistribusian BBM di SPBU.

Baca Juga

Selain itu, Pengawas dan Operator SPBU DODO juga perlu lebih bersinergi didalam melaksanakan pekerjaan sehari hari sekaligus dalam meningkatkan pelayanan penjualan BBM yang lebih baik kepada konsumen. 

“Kegiatan ini adalah bukti nyata komitmen Pertamina dalam meningkatkan kualitas pelayanan  SPBU DODO di Wilayah Sales Area Jabode, dan kami berharap, apa yang dipelajari oleh pengawas dan operator SPBU di pelatihan ini, dapat langsung dipraktikkan di tempat kerjanya masing–masing dan menjadi contoh,” ujar Fanda dalam keterangannya, Sabtu (7/10/2023). 

 

Sales Area Manager Retail Jabode, Sadli Ario Priambodoi mengatakan, diharapkan kedepan sudah tidak lagi terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Seperti misalnya penyalahgunaan QR dari subsidi tepat hingga tidak ada lagi operator yang melayani kendaraan yang tidak sesuai ketentuan.

Secara terpisah Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan bahwa para peserta upskilling mendapatkan materi bagaimana berkomunikasi dan memberikan pelayanan yang terbaik dengan menjadi Operator Idaman yang ramah, sigap dan melayani kebutuhan BBM pelanggan.

“Dengan adanya peningkatan pelayanan, dapat membuat pelanggan semakin merasa nyaman dan aman bertransaksi di SPBU Pertamina serta menjadi loyal menggunakan seluruh produk-produk berkualitas dari Pertamina,” ujar Eko.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement