Jumat 06 Oct 2023 23:59 WIB

Waskita Beton Precast Kantongi Kontrak Rp 4,6 Miliar dari Proyek Jetty Lotte

Saat ini WSBP sudah melakukan proses produksi sejak Agustus lalu di Plant Bojonegara

Setelah sebelumnya dipercaya menyuplai PC Beam dan PC Plank  Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), masih proyek yang sama, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali ditunjuk paket Berth 5 & Roadway Proyek Jetty Lotte sepanjang 850 meter.
Foto: dok WSBP
Setelah sebelumnya dipercaya menyuplai PC Beam dan PC Plank Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), masih proyek yang sama, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali ditunjuk paket Berth 5 & Roadway Proyek Jetty Lotte sepanjang 850 meter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sebelumnya dipercaya menyuplai PC Beam dan PC Plank  Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), masih proyek yang sama, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali ditunjuk paket Berth 5 & Roadway Proyek Jetty Lotte sepanjang 850 meter.

“Ini masih dalam satu rangkaian proyek yang sama. Kami kembali dipercaya untuk menyuplai produk dalam penyelesaian proyek ini,” ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary melalui pernyataan tertulis, Jumat (6/10/2023).

Menurut dia adanya repeat order dari Lotte Line Project ini khususnya pada area WP7 sebelumnya ini, membuktikan  WSBP mendapat kepercayaan dan berhasil mewujudkan kepuasan kepada para pelanggan.

Dengan nilai kontrak sebesar Rp. 4.609.159.810, WSBP menyuplai total 92 pcs untuk Berth lima yang terdiri dari 35 pcs PC Beam tipe B5-B1 hingga B5-B8 dan 57 pcs PC Plank tipe B5P1 hingga B5P15. Selain itu juga menyuplai 103 pcs roadway.

 

Fandy menyatakan saat ini WSBP sudah melakukan proses produksi sejak Agustus lalu di Plant Bojonegara dan ditargetkan selesai pada TW IV 2023. 

"Progressnya sudah mencapai 44 persen," tambahnya. 

Sedangkan pengiriman dilakukan secara bertahap sejak 21 September dan ditargetkan selesai suplai pada pada TW IV 2023.

"Pengiriman dilakukan melalui dua jalur, PC Beam via darat kecuali tipe B7 & B8 dan PC Plank via laut. Proses pengiriman dilakukan sesuai dengan standar QHSE yang berlaku, sehingga seluruh produk dapat sampai dengan aman dan tepat waktu kepada pelanggan,”katanya. 

Nantinya Pengiriman PC Beam dilakukan bertahap melalui jalur darat menggunakan truk trailer, sedangkan PC Plank akan dikirimkan melalui jalur laut menggunakan tongkang secara langsung.

Dengan mengedepankan kualitas produk, PC Beam dan PC Plank milik WSBP ini tepat digunakan pada proyek infrastruktur perairan ini, di mana pengerjaan struktur bangunan akan jauh lebih praktis, lebih presisi dan meminimalkan kesalahan dalam pengerjaan proyek. 

Selain itu berdampak pada proses pemasangan yang akan jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan beton cast in situ.

Ke depannya, WSBP melihat peluang besar pada proyek infrastruktur perairan ini, salah satunya pada Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project paket Berth #4. 

"Kami targetkan untuk meraih repeat order dapat memperoleh proyek paket selanjutnya, sehingga dapat terus berkontribusi untuk perbaikan infrastruktur khususnya di proyek perairan," kata dia.

Tak hanya itu, dalam setiap kegiatan operasional perusahaan, WSBP selalu mengedepankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan manajemen risiko serta meraih kontrak-kontrak proyek dengan kondisi keuangan yang sehat.

PC Beam (pengganti balok/seperti girder) berfungsi untuk menerima dan meneruskan beban horizontal maupun vertikal yang diterimanya, menuju balok maupun kolom struktur dapat diteruskan menuju pondasi. Sedangkan PC plank berfungsi untuk menyalurkan beban mati maupun hidup ke rangka pendukung sehingga menambah kekakuan sebuah bangunan

WSBP juga telah menjadi supplier berpengalaman untuk beberapa proyek infrastruktur perairan antara lain Dermaga CPO Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam Pangkal Pinang, Pelabuhan Sisi Darat Penajam Paser Utara, Dermaga Bongkar Muat Jukung (Kapal Barang) di Sumatra Selatan, dan Proyek Revertment & Retaining Wall Dermaga Benoa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement