Senin 02 Oct 2023 15:45 WIB

Tebar Tiket Gratis, Cek Situs Ini untuk Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung

KCIC menerapkan program Whoosh Experience Program dalam dua pekan ke depan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau yang dinamakan Whoosh telah resmi diluncurkan pada Senin (2/10/2023) oleh Presiden Joko Widodo. Namun, masyarakat baru dapat menggunakan Whoosh mulai besok, Selasa (3/10/2023) secara gratis. 

GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunnisa mengatakan, setelah uji coba gratis selama tiga pekan, KCIC menerapkan program Whoosh Experience Program dalam dua pekan ke depan hingga pertengahan Oktober dengan memberikan diskon tarif nol rupiah. 

Baca Juga

Namun, para calon penumpang tetap harus memesan tiket terlebih dahulu melalui situs resmi ayonaik.kcic.co.id. Rencananya, situs tersebut baru akan dapat diakses pada sore hari ini untuk pemesanan tiket keberangkatan Selasa (3/10/2023) besok. 

“Karena hari ini baru peresmian, mungkin sore nanti baru kita buka (pemesanan tiket). Ini bisa digunakan untuk perjalanan per 3 Oktober. Jadi masih pakai sistem (situs) dahulu, masyarakat harus daftar melalui link,” kata Eva saat ditemui di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta. 

Melalui program gratis itu, Eva mengatakan, KCIC ingin agar masyarakat dapat mengenal Kereta Cepat lebih dekat. Oleh karena itu, proses saat naik ke Kereta Cepat harus melalui gate dengan sistem yang normal. Berbeda saat uji coba gratis bulan lalu di mana masyarakat hanya dengan pendataan nama. 

“Jadi tata caranya mengikuti sistem yang normal, artinya menggunakan tiket,” ujarnya. 

Selama program gratis diterapkan, KCIC menyiapkan empat perjalanan dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar dan empat perjalanan sebaliknya. Jadwal perjalanan nantinya akan tercantum di tiket berikut stasiun tujuan yang dipilih oleh penumpang. 

Adapun untuk kuota yang disiapkan, Eva tak memerinci. Ia mengatakan, jumlah ketersediaan kursi akan menyesuaikan dengan tempat duduk di kereta. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada peresmian mengumumkan untuk memperpanjang penggratisan tiket naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau yang dinamakan Whoosh hingga pertengahan Oktober 2023. 

Luhut mengatakan, perpanjangan tiket gratis dilakukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) karena melihat tingginya antusiasme masyarakat sejak uji coba gratis Kereta Cepat sejak 15 September 2023 lalu.

“Berkat tingginya uji coba gratis KCJB, maka kami sepakat hingga pertengahan Oktober pengoperasian KCJB masih tidak dikendakan biaya atau gratis,” ujar Luhut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement