Selasa 26 Sep 2023 18:02 WIB

Integrasi ATM Himbara, Erick Singgung Efisiensi Lewat Digitalisasi

Erick menilai, integrasi ini merupakan komitmen BUMN dalam menghadapi tantangan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Wadirut BNI Adi Sulistyowati (kiri) saat pembukaan praresmi integrasi dan wajah baru ATM Link di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (26/9/2023).
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsi
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Wadirut BNI Adi Sulistyowati (kiri) saat pembukaan praresmi integrasi dan wajah baru ATM Link di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung penuh integrasi ATM milik himpunan bank negara (Himbara). Erick menilai integrasi ini merupakan bentuk komitmen BUMN perbankan dalam menghadapi tantangan.

"Ini era digitalisasi, jadi saya harap justru Himbara semakin dekat dengan digital. Efisiensi adalah salah satu kunci di era digitalisasi," ujar Erick dalam pembukaan praresmi integrasi dan wajah baru ATM Link di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Erick menyampaikan Himbara merupakan pemimpin pasar ATM dengan jumlah sebanyak 53 ribu dari total 90 ribu ATM yang ada di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, Erick ingin ATM Himbara terus berinovasi yang mampu mengintegrasikan seluruh produk BUMN maupun pihak lain. 

"Dengan akses 53 ribu ATM, saya rasa ini salah satu hal yang bisa mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kita melalui produk yang kita miliki," ucap Erick. 

 

Erick mencontohkan bagaimana ATM Himbara dapat meningkatkan sosialisasi Xpora BNI sebagai wadah ekspor untuk UMKM. Selain itu, ATM Himbara juga bisa mendukung para PMI, pelaku UMKM mengakses KUR, atau pembelian hunian milenial milik BTN. 

"Selain efisiensi yang kita lakukan di perushaan BUMN karena digitalisasi tapi bagaimana kita juga mendorong pelayanan masyarakat sebagai bagian pertumbuhan ekonomi kita," lanjut Erick. 

Erick mengapresiasi kerja keras tim percepatan peningkatan sinergi shared services BUMN perbankan atau PMO Jakarta yang telah melakukan percepatan selama dua tahun terakhir. 

"Hari ini saya ucapkan terima kasih karena ini memang terobosan yang saya lihat dari 2015-2023, tapi ini percepatan yang luar biasa dalam dua tahun. Saya berharap ini menjadi akses untuk permudah mendorong program-program yang ada di BUMN untuk melayani masyarakat," kata Erick. 

Ketua Tim Konsolidasi ATM Himbara Adi Sulistyowati mengatakan penguatan kinerja dan layanan ATM Himbara menjadi prioritas BUMN perbankan di tengah digitalisasi sektor keuangan. Sulis menyampaikan ketersediaan dan keandalan jaringan mesin ATM Himbara menjadi sangat penting untuk memastikan pemerataan dan inklusi keuangan masyarakat.

"ATM Link juga diperkenalkan dalam wajah baru untuk memperkuat brand positioning agar memberi nuansa baru kepada masyarakat," ujar Sulis.

Sulis menyampaikan ATM Himbara juga menyediakan 335 fitur baru yang berasal dari empat bank pelat merah. Sulis menyampaikan ATM Link nantinya tak sekadar untuk transaksi tarik dan transfer, melainkan juga melayani transaksi e-commerce dan teknologi finansial. 

"Ini nanti bekerja sama dengan tekfin dan e-commerce membutuhkan dikembangkan, yang bisa dikerjakan ekosistem BUMN," kata Sulis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement