Selasa 26 Sep 2023 14:55 WIB

Keterlibatan Microsoft Bikin Efisiensi Proses Bisnis BUMN Hingga 30 Persen

Fordigi Summit menjadi bentuk kepedulian dalam pengembangan talenta digital.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Logo BUMN. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Microsoft Office bekerja sama dalam pengembangan teknologi & talenta digital di Indonesia.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Logo BUMN. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Microsoft Office bekerja sama dalam pengembangan teknologi & talenta digital di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Microsoft Office bekerja sama dalam pengembangan teknologi & talenta digital di Indonesia. Kolaborasi ini tertuang dalam acara Forum Digital BUMN (Fordigi) Summit 2023 di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata berharap kerja sama ini menjadi simbol sekaligus pemantik terjalinnya kerja sama lainnya, khususnya kerja sama digital yang dapat mengeskalasi teknologi di Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional.

Baca Juga

"Kerja sama antara Fordigi BUMN, BUMN, dan Microsoft ini diproyeksikan memberikan peningkatan efisiensi proses bisnis sebesar 20-30 persen," ujar Tedi.

Tedi menyampaikan kegiatan ini selaras dengan prioritas Kementerian BUMN dalam kepemimpinan teknologi. Tedi berharap hal ini dapat mengoptimalkan percepatan dan implementasi transformasi digital serta berkontribusi pada kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

"Fordigi Summit ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Fordigi dan BUMN dalam pengembangan talenta digital, khususnya mahasiswa. Harapannya, mitra dapat melihat kita ini merupakan kekuatan besar, dengan kolaborasi yang kita lakukan," ucap Tedi.

Ketua FORDIGI Summit 2023 sekaligus Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia Fajrin Rasyid mengatakan FORDIGI merupakan salah satu katalis pengembangan strategis ekosistem digital di Indonesia. Fajrin menyampaikan FORDIGI terus mengembangkan kapabilitas digital dan sinergi teknologi BUMN. 

"Forum besutan Kementerian BUMN ini diharapkan hadir dan memberikan kontribusi positif dalam bentuk peningkatan nilai ekonomi dan sosial serta peningkatan kapabilitas talenta digital Indonesia melalui pengembangan teknologi di BUMN," lanjut Fajrin.

Fajrin mengatakan acara yang berlangsung pada 26-27 September ini mendorong optimalisasi kolaborasi antarBUMN, pertukaran pengetahuan bersama para professional, serta showcase inovasi dengan tujuan yakni technology advancement untuk efisiensi dan efektivitas proses bisnis BUMN. Fajrin menyebut kemajuan teknologi memberikan dampak positif bagi Indonesia di berbagai sektor. 

"Banyak proses kerja dan bisnis yang bertransformasi menjadi lebih efektif dan efisien. FORDIGI Summit 2023 akan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan digital masyarakat kita dan meningkatkan pasar teknologi di Indonesia," kata Fajrin.

CEO Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Microsoft untuk upaya Indonesia dalam mengakselerasi pengembangan teknologi dan talenta digital.

"Di Indonesia, Microsoft akan membawa dampak yang besar dan rasanya berbagi manfaat ini tidak lengkap tanpa kerja sama dengan BUMN dan FORDIGI," kata Dharma.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement