Selasa 05 Sep 2023 23:38 WIB

Semester I 2023, Pembelian Hunian Didominasi 64,1 persen Rumah Tapak 

pencari properti dari kelas menengah dan menengah atas cenderung mendominasi

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Permintaan terhadap rumah tapak (landed house) terbilang masih tinggi sehingga menciptakan peluang bagi pengembang properti untuk terus mengembangkan proyek hunian.
Foto: Istimewa
Permintaan terhadap rumah tapak (landed house) terbilang masih tinggi sehingga menciptakan peluang bagi pengembang properti untuk terus mengembangkan proyek hunian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset 99 Group mencatat tren pembelian hunian masih didominasi rumah tapak sebesar 64,1 persen per semester I 2023. Disusul permintaan pembelian apartemen sebesar 10,4 persen dan pembelian tanah sebesar sembilan persen.

Country Manager 99 Group Indonesia, Maria Herawati Manik mengatakan temuan ini memperlihatkan pencari properti dari kelas menengah dan menengah atas cenderung signifikan sepanjang semester I 2023.

“Trend pembelian rumah sendiri seperti apa saat ini kalau kita lihat masih didominasi oleh rumah tampak sekitar 64 persen," ujarnya dalam Riset 99 Group, Selasa (5/9/2023).

Dari sisi harga, pencari properti menyukai hunian dengan rentang harga Rp 400 juta — Rp 1 miliar dan Rp 1 miliar — Rp 3 miliar. Adapun mayoritas dari mereka merupakan generasi muda dengan rentang usia 18 — 44 tahun sebanyak 70,4 persen.

 

Jika dibandingkan semester II 2022, kelompok usia 25 — 34 tahun mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding kelompok usia lainnya sebesar 2,8 persen. Umumnya mereka merupakan kalangan yang baru saja menikah, membangun keluarga baru, sehingga memiliki keinginan untuk mempunyai hunian sendiri.

"Ini dapat mendorong pertumbuhan dalam pencarian properti karena mereka mencari rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan perkembangan kondisi mereka saat ini. Dari sisi lain, tentunya ini juga menunjukkan pentingnya perhatian pasar properti untuk memanfaatkan peluang minat kelompok usia tersebut dalam mencari hunian,” ucapnya.

99 Group menggelar festival properti pertama di Indonesia, Festival Hari Properti Nasional Festival (Harpropnas Fest) 2023 selama enam hari di mal Kota Kasablanka (Kokas), Jakarta Selatan.

Marketing Communication Manager 99 Group Indonesia Elizabeth Cornelia menambahkan pihaknya mengusung konsep festival yang tak hanya memfasilitasi transaksi jual-beli properti tetapi juga menghadirkan berbagai kejutan dan aktivitas seru bagi pengunjung.

"Jadi, selain mencari hunian, para pengunjung juga dapat mempererat kebersamaan–bercengkrama bersama keluarga, teman, maupun pasangan melalui beragam aktivitas seru yang kami hadirkan festival ini,” ucapnya.

Elizabeth berharap Harpropnas Fest 2023 menjadi ajang festival properti yang menciptakan kesempatan bagi para pencari properti berinteraksi dengan para stakeholder properti lebih seru dan menyenangkan. 

“Juga menjadi momentum pengingat bahwa upaya setiap manusia dalam mencari hunian patut didukung penuh semua pihak dikarenakan keberhasilan memperoleh hunian idaman merupakan salah satu capaian terbesar dalam hidup yang patut dirayakan,” ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement