Rabu 30 Aug 2023 13:30 WIB

Permudah Nasabah Buka Rekening, Bank Jago Hadirkan Solusi eKYC

Kemajuan teknologi juga turut mengubah banyak aspek kehidupan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Staf teller melayani nasabah di Kantor Bank Jago, Jakarta, Selasa (7/2/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Staf teller melayani nasabah di Kantor Bank Jago, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam era digital yang terus berkembang, kemajuan teknologi juga turut mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk cara bertransaksi di perbankan. Salah satu inovasi perbankan yang kian diminati adalah layanan Digital Onboarding.

Di Indonesia, lanskap perbankan digital berkembang pesat dengan fokus yang mengarah pada kebutuhan generasi milenial dan generasi Z yang melek teknologi. Seiring dengan proses adopsi digital yang pesat, kebutuhan menghadirkan pengalaman nasabah yang baik dengan tetap menjaga kepercayaan dan keamanan nasabah pun menjadi semakin penting. 

Baca Juga

Menjawab hal tersebut, PT Bank Jago Tbk, bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem, bersama ADVANCE.AI, penyedia solusi verifikasi identitas digital dan manajemen risiko terkemuka di Asia Tenggara, memperkuat kemitraan strategis untuk meningkatkan pengalaman dalam pembukaan rekening nasabah. Melalui solusi electronic know your customer (eKYC) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (Al), verifikasi identitas digital dan layanan pendaftaran nasabah dapat dilakukan dengan aman, efisien, dan bebas hambatan serta memenuhi standar keamanan dan kepatuhan ketat. 

Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago Irene Santoso mengatakan, melalui solusi eXYC, ADVANCE.AI menyederhanakan proses pendaftaran nasabah dan menjaga identitas nasabah dengan mencegah aktivitas penipuan yang berasal dari eksploitasi teknologi. Fitur ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan untuk nasabah yang melek digital. 

“Kami ingin menjadi bank berbasis teknologi yang kuat dan terintegrasi dalam ekosistem digital Indonesia guna memenuhi kebutuhan segmen pasar ritel, mass market, dan usaha kecil dan menengah,” kata Irene Santoso di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Ia melanjutkan, kerja sama dengan ADVANCE.AI ini juga untuk meningkatkan solusi keuangan yang berfokus pada kehidupan nasabah Jago. Solusi eKYC ADVANCE.AI ini mengintegrasikan berbagai fitur, seperti OCR (optical character recognition), deteksi keaktifan, dan perbandingan wajah ke dalam proses pembukaan rekening yang dilakukan Bank Jago. 

"Bank Jago meyakini solusi seperti ini akan menjadikan proses registrasi nasabah secara digital akan menjadi lebih mudah, nyaman, dan aman," ucapnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Country Manager Indonesia ADVANCE.AI Ronald Molenaar mengatakan, saat ini masa depan perbankan terletak pada integrasi teknologi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas hambatan. Kerja sama dengan Bank Jago ini mencerminkan misi ADVANCE.AI untuk memprioritaskan proses pendaftaran nasabah yang aman, terjamin, dan lancar.

"Sehingga memungkinkan lembaga keuangan untuk tetap kompetitif dan patuh dalam lanskap yang dinamis saat ini sekaligus berkontribusi pada agenda nasional, yakni inklusi keuangan untuk semua konsumen dan bisnis di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ADVANCE.AI juga menawarkan solusi komprehensif yang secara signifikan dapat mendukung lembaga keuangan, seperti Bank Jago dalam mencapai kepatuhan terhadap peraturan dan mencegah upaya antipencucian uang. Dengan memanfaatkan kekuatan Al, analisis data, serta kemampuan pemantauan transaksi secara real-time, ADVANCE.AI dapat membantu verifikasi identitas, autentikasi dokumen identitas, memeriksa keberadaan individu, menandai individu yang terkena sanksi atau terdaftar dalam AML, mengidentifikasi individu dengan risiko kredit yang tinggi, dan masih banyak lagi. 

"Pemeriksaan ini akan memungkinkan bank dan lembaga keuangan untuk segera mengatasi potensi risiko selama proses penerimaan nasabah," ujarnya.

Sampai kuartal ll 2023, Bank Jago telah melayani total lebih dari 8,3 juta nasabah, termasuk 6,7 juta nasabah pendanaan, melalui Aplikasi Jago. Dengan memanfaatkan solusi dan teknologi eKYC yang canggih dan inovatif, bersama dengan ADVANCE.AI, Bank Jago telah membuka akses yang lebih luas terhadap layanan perbankan di seluruh Indonesia, meningkatkan kehidupan jutaan orang serta menjembatani kesenjangan inklusi keuangan untuk membantu membangun masyarakat yang lebih berdaya secara ekonomi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement