Rabu 09 Aug 2023 23:35 WIB

BCA Genjot Penyaluran Kredit ke Sektor UMKM

Dorong potensi ekonomi dari sektor UMKM, BCA gelar UMKM Fest 2023.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UMKM Fiki Satari  dan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja bersiap membuka acara BCA UMKM Fest 2023 di Jakarta, Rabu (9/8/2023). PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA UMKM Fest 2023 sebagai bentuk komitmen untuk mendorong potensi ekonomi dari sektor UMKM. Tahun ini merupakan penyelenggaraan kali ketiga dengan tajuk
Foto: Prayogi/Republika
Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UMKM Fiki Satari dan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja bersiap membuka acara BCA UMKM Fest 2023 di Jakarta, Rabu (9/8/2023). PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA UMKM Fest 2023 sebagai bentuk komitmen untuk mendorong potensi ekonomi dari sektor UMKM. Tahun ini merupakan penyelenggaraan kali ketiga dengan tajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus menggenjot penyaluran kredit ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hingga Juni 2023, BCA telah menyalurkan kredit komersial dan UMKM sebesar Rp 219,2 triliun, tumbuh 10,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sebagai upaya mendorong potensi ekonomi dari sektor UMKM, Perseroan kembali menggelar BCA UMKM Fest 2023. "Kami berkomitmen untuk mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Rabu (9/8/2023).

Menurut Jahja, dorongan bagi UMKM merupakan wujud komitmen BCA dalam melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan membantu segala kebutuhan pelaku UMKM dari aspek transaksi penjualan, operasional perusahaan, ataupun pembiayaan.

Di UMKM Fest, BCA memberikan tempat bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk unggulan. BCA juga menawarkan pembiayaan kepada pelaku usaha melalui Kredit Multiguna Usaha (KMU) dengan suku bunga efektif mulai dari 3,12 persen per tahun yang berlaku hingga 1 Oktober 2023.

Selain itu, BCA menghadirkan lebih dari 50 merchant dalam penyelenggaraan offline, dan sekitar 1.400 pelaku UMKM dan industri kreatif dari berbagai sektor, seperti makanan dan minuman, seni dan kerajinan, fesyen, kesehatan dan kecantikan, hingga travel. 

Bagi masyarakat yang hadir langsung ke UMKM Fest 2023 akan berkesempatan untuk mendapatkan beragam promo, di antaranya voucher Rp 100 ribu untuk minimum transaksi Rp 350 ribu di seluruh area (kecuali travel) untuk 400 transaksi per hari, kesemuanya untuk transaksi QRIS di myBCA/BCA Mobile/Sakuku, Kartu Kredit BCA, dan Debit BCA. 

"Pengunjung juga dapat menghabiskan waktunya sambil menambah wawasannya dengan mengikuti beragam workshop yang tersedia di BCA UMKM Fest 2023," ujar Jahja. 

BCA UMKM Fest 2023 akan diselenggarakan secara hybrid. Kegiatan offline akan dilaksanakan di Gandaria City, Jakarta pada 9-13 Agustus 2023. Sedangkan gelaran online akan dibuka ke publik pada 12 Agustus hingga 12 September 2023 mendatang, yang bisa diakses melalui umkmfest.bca.co.id bekerja sama dengan Blibli dan Grab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement