Senin 07 Aug 2023 16:11 WIB

Pemakaian Listrik di Jawa Timur pada Semester I Capai 20,2 GWh  

Penjualan tenaga listrik terbesar disumbang dari segmen tegangan rendah 11,7 GWh.

PT PLN (Persero) mencatat penjualan semester I 2023 di Jawa Timur mencapai 20,2 GWh.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
PT PLN (Persero) mencatat penjualan semester I 2023 di Jawa Timur mencapai 20,2 GWh.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT PLN (Persero) mencatat penjualan semester I 2023 di Jawa Timur mencapai 20,2 GWh. Ini menandai semakin tumbuh pesatnya perekonomian di Provinsi itu dengan sektor bisnis mengalami pertumbuhan tahunan 7,11 persen dengan jumlah 721 ribu lebih pelanggan pada Juni 2023.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo di Surabaya mengatakan pascapandemi penjualan listrik terus mengalami pertumbuhan yang menunjukkan bahwa perekonomian terus menguat. Ini berbanding lurus dengan penggunaan energi listrik.

Baca Juga

"Penjualan tenaga listrik terbesar disumbang dari segmen tegangan rendah sebesar 11,7 GWh sementara tegangan menengah 6,69 GWh dan tegangan tinggi 1,78 GWh. Khusus untuk segmen tegangan menengah yang banyak menopang sektor bisnis tumbuh yoy sebesar 3,02 persen," ujar Agus, Senin (7/8/2023).

Meski jumlah pelanggan tegangan rendah masih mendominasi yakni 13 juta lebih, sementara pelanggan tegangan menengah sebanyak 4.092, Agus meyakini jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan kemudahan mendapatkan akses listrik bagi sektor bisnis.

PLN juga telah memetakan potensi-potensi dan menyiapkan strategi untuk terus mendorong penjualan pada Semester II 2023.

"PLN akan terus menggiatkan pemasaran, melakukan probing, mencari ceruk-ceruk pasar baru untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan ke pelanggan. Semangat dan komitmen yang ingin kami gaungkan yakni agar PLN menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial melalui energi listrik," kata Agus

Salah satu pelanggan tegangan menengah, Project Manager Hotel Alana Malang, Ari Budianto mengungkapkan pengalaman positifnya akan layanan PLN. Hotel Alana Malang melakukan pengoperasian pasang baru listrik pada Juli lalu dengan daya 555 kVA.

"Pelayanan kelistrikan sangat bagus untuk kebutuhan operasional bisnis kami. Kecepatan layanan ini tentunya mempercepat kami para investor untuk menjalankan bisnis kami," kata Ari.

Senada, Direktur RSD Balung, Jember Nurullah Hidajahningtyas memberikan apresiasi positif atas kesigapan dan layanan andal PLN. RSD Balung telah bermigrasi layanan prioritas daya 345.000 VA.

"Sebagai pusat pelayanan masyarakat, listrik merupakan kebutuhan vital. PLN memberikan layanan optimal dan terjamin selama 24 jam x 7 hari. Sehingga kami yakin untuk terus mempercayakan urusan kelistrikan kepada PLN dengan layanan yang lebih tinggi lagi," ucapnya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement