Kamis 03 Aug 2023 16:05 WIB

Menhub Jamin Keamanan Desain Konstruksi LRT Jabodebek

Desain longspan LRT merupakan solusi terbaik mengatasi tantangan daerah menikung.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Rangkaian kereta Light Rail Transit melintasi jembatan lengkung di Jakarta, Kamis (3/8/2023). Desain longspan LRT merupakan solusi terbaik mengatasi tantangan daerah menikung.
Foto:

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, LRT Jabodebek ini baru pertama kali dibangun di Indonesia. Karena itu, proses pembangunannya masih belum sempurna dan memerlukan perbaikan dan koreksi.

Pernyataan Jokowi ini menanggapi soal konstruksi longspan LRT Jabodebek dari Gatot Subroto menuju ke Kuningan yang disebut salah desain sejak awal.

"Kita harus ingat MRT itu kan baru kita bangun pertama kali. MRT, LRT itu juga baru pertama kali kita bangun. Baru pertama kali semua. Kereta cepat juga baru pertama kali. Jadi kalau ada hal yang masih kurang sempurna, masih ada perbaikan, masih ada koreksi," kata Jokowi saat menjajal LRT bersama sejumlah menteri.

Jokowi menegaskan, evaluasi harus dilakukan karena pembangunan LRT yang pertama kali ini tidak bisa langsung sempurna. Salah satu yang perlu mendapatkan evaluasi dan perbaikan adalah pintu LRT, sistem pengoperasian, serta sistem keamanan.

 

"Yang paling penting saya selalu sampaikan, cek terus karena ini masih uji coba, yang berkaitan dengan sistem, keamanan, keselamatan, itu utama," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement