Kamis 27 Jul 2023 06:54 WIB

Emas Menguat Didukung Keputusan The Fed Naikkan Suku Bunga

The Fed naikkan suku bunga di kisaran 5,25 persen sampai 5,5 persen.

Harga emas berjangka menguat pada akhir perdagangan Rabu (26/7/2023) didukung kenaikan suku bunga bank sentral AS.
Foto:

Keputusan Fed, yang dirilis sekitar setengah jam setelah penyelesaian untuk emas Comex, adalah yang pertama dari serangkaian pengumuman kebijakan dari bank-bank sentral global utama, termasuk Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Jepang, yang akan keluar minggu ini.

Emas menandai pemulihan yang kuat selama sebulan terakhir karena data ekonomi AS yang lemah, terutama inflasi, mendorong taruhan bahwa Fed akan memiliki ruang terbatas untuk terus menaikkan suku bunga.

Bank sentral AS telah mengisyaratkan setidaknya dua kali kenaikan suku bunga lagi tahun ini, mengingat tren inflasi masih jauh di atas target tahunan bank.

Tetapi Fed Fund berjangka menunjukkan bahwa pasar memperkirakan kemungkinan yang lebih besar bahwa kenaikan Rabu (26/7/2023) akan menjadi yang terakhir bagi Fed untuk tahun ini, meskipun bank sentral tidak memberikan indikasi seperti itu.

Suku bunga yang lebih tinggi menjadi pertanda buruk bagi aset yang tidak memberikan imbal hasil seperti emas, karena meningkatkan peluang kerugian. Keuntungan emas masih diperkirakan akan terbatas, dengan kurs AS akan tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement