Senin 24 Jul 2023 09:06 WIB

Honda Kalahkan Toyota dalam Menggaet Investor di Pasar Modal

Saham Honda naik 44 persen sepanjang tahun ini.

Honda menampilkan prototipe EV di Thailand International Motor Expo di Bangkok November lalu.
Foto: Reuters
Honda menampilkan prototipe EV di Thailand International Motor Expo di Bangkok November lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - Honda Motor telah muncul sebagai bintang dalam reli pasar saham Jepang tahun ini karena investor memuji komitmennya untuk meningkatkan produksi kendaraan listrik.

Pada Jumat (21/7), saham Honda telah naik 44 persen tahun ini, melampaui Toyota Motor dan pembuat mobil besar Jepang lainnya selama periode tersebut. Secara keseluruhan, indeks ekuitas Nikkei 225 telah naik 24 persen pada tahun 2023. Namun Honda belum mampu menyalip Toyota dalam hal penjualan mobil baik di Jepang maupun secara global.

Baca Juga

Kenaikan Honda mencerminkan "pergerakan harga saham besar" dari pembuat mobil tradisional lainnya yang telah mengalihkan fokus mereka ke EV, kata Christopher Richter, analis di CLSA. "Pasar mengatakan perusahaan ini memiliki masa depan... [dengan memiliki] rencana yang terlihat kredibel."

Pada tahun 2021, Honda menetapkan tujuan untuk hanya membuat mobil listrik (EV) atau kendaraan bertenaga sel bahan bakar hidrogen pada tahun 2040. Pada tahun 2022, Honda mengumumkan rencana untuk memproduksi 2 juta EV dan meluncurkan 30 model listrik pada tahun 2030.

Reaksi pasar terhadap langkah tersebut tertunda oleh dampak kekurangan chip pada produksi, tetapi Richter mengatakan investor telah memberi sinyal persetujuan mereka tahun ini karena "arus berita [Honda] akhirnya menjadi cukup konsisten."

Penekanan Honda pada elektrifikasi pada 4 Juli ketika mengungkapkan kesepakatan untuk mengurangi sahamnya di Yachiyo Industry, anak perusahaan Jepang yang memperoleh seperempat pendapatannya dari membuat tangki bahan bakar untuk kendaraan tradisional, dan memproduksi suku cadang lain seperti sunroof. Kendali atas Yachiyo, bagian dari rantai pasokan Honda sejak 1953, akan diambil alih oleh pembuat suku cadang India Samvardhana Motherson International.

Shinji Kakiuchi, analis di Morgan Stanley MUFG Securities, mengatakan transaksi Yachiyo adalah contoh "restrukturisasi pemasok" Honda karena "mengincar [the] era BEV (kendaraan listrik baterai)."

Oktober lalu, pembuat mobil menaikkan sahamnya di pembuat lampu mobil Stanley Electric sebesar 4  persen menjadi sekitar 10 persen. Honda juga berencana meningkatkan kepemilikannya sebesar 7 persen menjadi 40 persen di Hitachi Astemo, yang didirikan pada 2021 dengan menggabungkan tiga afiliasi Honda dan anak perusahaan Hitachi untuk memperkuat pengembangan teknologi otonom dan listrik.

Dalam 12 bulan terakhir, Honda juga telah membentuk usaha patungan dengan produsen baterai seperti LG Energy dari Korea Selatan dan GS Yuasa dari Jepang dan mendapatkan pasokan baterai dari Contemporary Amperex Technology (CATL) China.

Honda mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka akan menargetkan pendapatan operasional sebesar 1 triliun yen (7 miliar dolar AS), tertinggi yang pernah ada, pada tahun fiskal 2024, dan untuk meningkatkan pengembalian pemegang saham.

Seiji Sugiura dari Tokai Tokyo Research Institute mengatakan janji tersebut telah membantu saham Honda tetapi menambahkan bahwa "harga tampaknya telah mencapai puncaknya dan mulai menyesuaikan" dengan pesan kuat pembuat mobil baru-baru ini tentang EV. Dari level terendah 2.990,5 yen di bulan Januari, saham Honda mencapai 4.583 yen di bulan Juni, level tertinggi dalam satu dekade, sebelum jatuh lebih rendah hingga ditutup di 4.380 yen di hari Jumat.

“Tantangan Honda adalah mempertahankan profitabilitas sambil memperluas bisnis kendaraan listriknya,” kata Satoru Aoyama, analis dan direktur senior di Fitch Ratings Jepang.

"Memiliki target 100 persen EV tidaklah buruk, tetapi saya khawatir dengan fase transisi hingga tahun 2030, atau 2035," katanya, mencatat bahwa EV adalah bisnis yang mahal.

Richter dari CLSA mengatakan dia mengharapkan "beberapa penyesuaian penilaian" sekitar tahun depan karena Honda meluncurkan model EV baru di pasar intinya di China dan Amerika Utara.

Untuk saat ini, model-model baru ini "belum diketahui," katanya. "Mereka punya rencana bagus. Mereka memikirkannya secara mendalam. Sekarang kita menuju ke tahap selanjutnya, yaitu eksekusi."

Aoyama mempertanyakan apakah Honda dapat tetap untung sambil menghasilkan 2 juta EV pada tahun 2030, ketika Honda hanya memproduksi sekitar 4 juta mobil dalam dua tahun terakhir.

"Perlu untuk memperbesar produksi dan penjualannya agar target terdengar layak," kata Ayoma, seraya menambahkan bahwa permintaan konsumen untuk mobil kecil khas Jepang "belum tentu cerah."

Pendapatan operasional Honda selama lima tahun fiskal terakhir dari kendaraan roda empat telah turun di bawah kendaraan roda dua, yang merupakan pabrikan top dunia. Untuk tahun fiskal 2023, sepeda motor menghasilkan keuntungan operasional sebesar 488,7 miliar yen, dibandingkan kerugian operasional sebesar 16,6 miliar yen pada mobil.

Kepala Eksekutif Honda Toshihiro Mibe mengatakan kepada wartawan pada bulan April bahwa perusahaannya telah "terus meningkatkan struktur pendapatannya," mengutip pengurangan biaya tetap dan peningkatan titik impas.

"Kami akan berusaha untuk membangun struktur bisnis yang menghasilkan pendapatan yang stabil bahkan di era EV," ujarnya. "Kami sedang mengubah model bisnis kami."

sumber : Nikkei Asia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement