Sabtu 22 Jul 2023 08:06 WIB

SWF Arab Saudi Dirikan Perusahaan Susu Unta, Incar Pasar Ekspor

Susu unta tersebut memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ahmad Fikri Noor
Susu unta yang baru saja diperas di gurun Hudaibiyah, Arab Saudi. Ahad (11/6/2023)
Foto: Republika/Fuji E Permana
Susu unta yang baru saja diperas di gurun Hudaibiyah, Arab Saudi. Ahad (11/6/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi akan mendirikan perusahaan baru “Sawani” yang diharapkan akan menjadi produsen utama produk susu unta. Susu unta tersebut memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi seperti vitamin A, B, E, dan C.

Sovereign Wealth Fund (SWF) Saudi itu mengumumkan pendirian Sawani untuk memungkinkan pertumbuhan industri peternakan unta Saudi dan secara aktif berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga

“Arab Saudi memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang industri susu unta dan potensi yang sangat besar untuk memperluas kemampuan operasionalnya dan ekosistem yang lebih luas,” kata Kepala Barang Konsumen dan Ritel di Divisi Investasi MENA PIF, Majed al-Assafsaid dilansir dari Alarabiya, Jumat (21/7/2023).

Menurutnya, perusahaan memiliki keunggulan kompetitif di seluruh rantai pasokan. Dengan adanya dukungan investasi maka akan memungkinkan pertumbuhan industri yang signifikan. 

"Pada akhirnya mengarah pada ekspor produk susu unta yang memiliki banyak manfaat nutrisi ke pasar regional dan global,” dia.

Sawani akan menempatkan keberlanjutan di semua tahap produksi, distribusi, dan pemasaran serta meningkatkan kesadaran akan manfaat kesehatan dari produk susu unta di kalangan konsumen. PIF berinvestasi di sektor pangan dan pertanian negara untuk membantu mendiversifikasi ekonomi Kerajaan sebagai bagian dari Visi 2030. PIF telah mendirikan 84 perusahaan sejak 2017.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement