Kamis 13 Jul 2023 18:46 WIB

BEI Luncurkan IDX Mobile Tingkatkan Inklusi dan Literasi Pasar Modal

IDX Mobile diharapkan memperluas pemanfaatan informasi pasar modal untuk publik.

Ilustrasi pasar modal.
Foto: Republika/Prayogi.
Ilustrasi pasar modal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan IDX Mobile, aplikasi yang bisa didownload di lewat Play Store ataupun App Store yang menyediakan informasi pasar modal Indonesia yang real-time, akurat, dan dapat diandalkan.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, aplikasi ini diluncurkan untuk meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal di Indonesia. "Kami harap IDX Mobile tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal Indonesia, tetapi juga memperluas pemanfaatan informasi pasar modal untuk seluruh masyarakat, baik domestik maupun mancanegara," kata Iman dalam peluncuran IDX Mobile di Main Hall BEI, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, sebanyak 57 persen investor di pasar saham Indonesia merupakan generasi Z dan generasi milenial yang sangat bergantung pada teknologi sehingga IDX Mobile diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka. IDX Mobile menyediakan data terkait pasar saham real-time, antara lain grafik harga saham, berita perusahaan tercatat, laporan keuangan, dan harga komoditas.

IDX Mobile memiliki beragam fitur, seperti Capital Market Info yang merupakan informasi real-time pergerakan saham di pasar modal dan fitur Stock Heatmap menggambarkan visualisasi kinerja saham untuk memudahkan analisis. Selain itu, IDX mobile juga memiliki fitur Virtual Trading yang menyediakan simulasi kegiatan transaksi jual-beli saham sehingga masyarakat bisa mendapatkan pengalaman praktis transaksi secara real-time tanpa mendapatkan risiko finansial.

"IDX Mobile bertujuan untuk memenuhi kebutuhan publik sekaligus memberikan kemudahan bagi investor dalam mengakses dan memanfaatkan informasi serta data pasar modal," kata Iman.

Ia mengatakan, sejak dilakukan soft launching pada 12 Juni 2023 lalu IDX Mobile telah diunduh sebanyak 31.157 kali.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement