Kamis 13 Jul 2023 15:27 WIB

Dubes RI-China Bahas Investasi dan Perdagangan Saat Bertemu di KBRI AS

China tercatat sebagai salah satu investor asing terbesar di Indonesia.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani
Foto: Istimewa
Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani dan Duta Besar China untuk AS Xie Feng membahas sejumlah isu termasuk investasi dan perdagangan dalam pertemuan keduanya di KBRI Washington DC, AS.

Rosan mengaku senang dikunjungi sahabat lama, Xie Feng, yang pernah menjabat Dubes China untuk Indonesia pada periode 2014-2017.

Baca Juga

"Duta Besar Xie Feng berbagi cerita tentang pengalamannya, yang berkesan selama bertugas sebagai Dubes untuk Republik Indonesia pada 2014-2017. Karena itu, pertemuan kami serasa berjumpa dengan sahabat lama," kata Rosan melalui keterangan tertulis, yang diterima di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Saat menjabat Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020, Rosan kerap bertemu Dubes Xie Feng untuk membahas langkah-langkah konkret meningkatkan hubungan perdagangan, industri, dan investasi antara RI-China. Demikian pula, saat pertemuan yang berlangsung akrab di KBRI, keduanya juga membahas sejumlah isu terkait hubungan RI-China di berbagai bidang, terutama sektor ekonomi, investasi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan kawasan.

Saat ini, China tercatat sebagai salah satu investor asing terbesar di Indonesia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi China ke Indonesia mencapai 5,18 miliar dolar AS pada 2022. Angka itu melonjak 63,92 persen dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), sekaligus menjadi rekor tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Di bidang pendidikan, RI bekerja sama dengan China meliputi ekonomi digital, infrastruktur digital, dan tata kelola digital. "Kami sepakat semua upaya kerja sama yang sudah terjalin akan terus ditingkatkan. Kami juga berkomitmen untuk tetap menciptakan kawasan yang damai," ujar Rosan.

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement