Rabu 12 Jul 2023 00:05 WIB

‘Toyota Alphard EV’ China Weiao Boma Mulai Dipasarkan, Ini Harganya

Boma adalah merek pertama dari Weiao.

Weiao Boma sangat mire dengan Toyota Alphard mulai dipasarkan di China.
Foto: Weiao
Weiao Boma sangat mire dengan Toyota Alphard mulai dipasarkan di China.

REPUBLIKA.CO.ID,Apa yang harus Anda lakukan jika Anda tidak punya cukup uang untuk membeli Toyota Alphard? Weiao memecahkan masalah ini dengan meluncurkan Boma. Ini adalah peniru Alphard varian listrik. 

Terdengar menjanjikan. Tapi nyatanya ukurannya mungil. City car seukuran Smart Forfour. Di sisi lain, mobil ini hanya seharga 39.900 yuan  atau 5.500 dolar AS  di Tiongkok. Harga itu setara dengan Rp 82 juta dengan kurs Rp 15 ribu per dolar AS. Sejak Senin (10/7/2023) mobil ini mulai dipasarkan dan dikirim ke konsumen.

Baca Juga

Boma adalah model pertama dari merek Weiao. Weiao milik produsen kendaraan listrik Hongri, yang diluncurkan pada tahun 2014. Pembuat mobil ini berspesialisasi dalam R&D dan pembuatan kendaraan listrik kecil. Namun, produksi massal Boma dialihdayakan dan ZX Auto, pembuat truk pikap China, akan memproduksinya.

Seperti yang disebutkan, Weiao Boma adalah peniru nyata dari Alphard. Boma memiliki desain ujung depan yang sama dengan gril besar, banyak trim krom dan elemen segitiga di bemper depan. Lampu depannya juga mirip dengan MPV Jepang tersebut. Bagaimanapun, Boma sama sekali bukan MPV. Ia adalah  city car empat pintu dengan dimensi 3517/1495/1660 mm dan jarak sumbu roda 2495 mm dan roda 15 inci.

Bicara soal tenaga yang dihasilkan Weiao Boma diwakili oleh motor listrik tunggal di gardan depan bertenaga 41 hp. Kecepatan tertingginya dibatasi hingga 100 km/jam. Boma, memiliki dua pilihan baterai ternary (NMC). Yang pertama memiliki kapasitas 11,9 kWh, untuk jangkauan CLTC 130 km. Sedangkan untuk baterai kedua, kapasitasnya mencapai 18,5 kWh (200 km CLTC). Apalagi ke depan, Weiao berencana meluncurkan Boma dengan jangkauan CLTC 300 km. Versi ini akan sampai ke pelanggannya pada Desember 2023.

Harga Boma

Versi entry-level harga Boma hanya 39.900 yuan (5.500 dolar AS). Dengan banderol harga tersebut, Boma cukup sederhana. Tidak ada radar parkir, airbag, dan layar sentuh di dalam kabin. Namun, bahkan Boma level trim teratas dengan baterai 18,5 kWh tidak memiliki airbag. 

Jadi,  mengemudikan Boma bukanlah ide yang baik dari segi keselamatan. Sedangkan versi Boma yang paling mahal harganya hanya 51.900 yuan (7.175 dolar AS). Jadi, ini adalah kendaraan yang cukup terjangkau. Di China akan menyaingi Wuling Hongguang Mini EV, Changan Lumin, dan Chery QQ Ice Cream.

sumber : carNewsChina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement