Kamis 06 Jul 2023 21:02 WIB

Catat! Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Naik LRT Jabodebek

LRT memiliki tiga lintasan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Suasana stasiun Light Rail Transit atau LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7/2023). LRT Jabodebek akan segera melakukan uji coba untuk penumpang umum pada tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 dan akan resmi beroperasi mulai tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Pada masa uji coba penumpang hanya dikenakan tarif sebesar  Rp1 dengan Jumlah kapasitas penumpang sebanyak 150 per rangkaian LRT. Moda transportasi tanpa masinis tersebut memiliki tiga line antara lain Cawang-Bekasi, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Dukuh Atas dengan waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya sekitar 45 menit. Sementara untuk  Kapasitas maksimum LRT sebanyak 1.308 penumpang.
Foto:

4. Tidak boleh makan dan minum

Kuswardojo menuturkan, pengguna jasa LRT Jabodebek selama perjalanan di dalam rangkaian kereta tidak boleh makan dan minum. Kuswardojo mengungkapkan aturan tersebut dibuat untuk keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Karena perjalanan menggunakan listrik, ini untuk menghindari semua-semua yang tidak diinginkan," ucap Kuswardojo.

5. Kecepatan maksimal dan waktu tunggu

LRT Jabodebek akan dioperasikan dengan kecepatan maksimal hingga 80 kilometer per jam. Kecepatan tersebut akan berkurang saat rangkaian kereta semakin mendekati stasiun.

Waktu tunggu rangkaian kereta satu dengan rangkaian selanjutnya akan berbeda sesuai lintasannya. "Waktu tunggu empat dan delapan menit. Artinya empat menit itu dari Dukuh Atas sampai Cawang. Sementara Cawang sampai Harjamukyi dan Cawang hingga Jatimulya delapan menit," ungkap Kuswardojo.

6. Waktu beroperasi

LRT Jabodebek akan beroperasi sejak pukul 05.00 WIB hingga 23.27 WIB. Kuswardojo menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir jika harus melakukan sejak pagi hari hingga malam hari.

"Yang berjalan ada 27 trainset setiap harinya. Lalu ada 434 perjalanan dalam satu hari," ujar Kuswardojo.

7. Stasiun yang dilewati

Rute LRT Jabodebek lintas Cibubur terdapat 12 pemberhentian yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, dan Harjamukti.

Rute LRT Jabodebek lintas Bekasi terdapat 14 pemberhentian yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement