Kamis 06 Jul 2023 21:02 WIB

Catat! Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Naik LRT Jabodebek

LRT memiliki tiga lintasan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Suasana stasiun Light Rail Transit atau LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7/2023). LRT Jabodebek akan segera melakukan uji coba untuk penumpang umum pada tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 dan akan resmi beroperasi mulai tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Pada masa uji coba penumpang hanya dikenakan tarif sebesar  Rp1 dengan Jumlah kapasitas penumpang sebanyak 150 per rangkaian LRT. Moda transportasi tanpa masinis tersebut memiliki tiga line antara lain Cawang-Bekasi, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Dukuh Atas dengan waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya sekitar 45 menit. Sementara untuk  Kapasitas maksimum LRT sebanyak 1.308 penumpang.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Suasana stasiun Light Rail Transit atau LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7/2023). LRT Jabodebek akan segera melakukan uji coba untuk penumpang umum pada tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 dan akan resmi beroperasi mulai tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Pada masa uji coba penumpang hanya dikenakan tarif sebesar Rp1 dengan Jumlah kapasitas penumpang sebanyak 150 per rangkaian LRT. Moda transportasi tanpa masinis tersebut memiliki tiga line antara lain Cawang-Bekasi, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Dukuh Atas dengan waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya sekitar 45 menit. Sementara untuk Kapasitas maksimum LRT sebanyak 1.308 penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LRT Jabodebek akan melakukan uji coba terbatas dengan menyertakan masyarakat umum pada soft launching 12 Juli 2023. Hanya masyarajat yang sudah terkonfirmasi setelah mendaftar yang bisa mengikuti uji coba terbatas hingga 15 Agustus 2022.

Sebelum menggunakan LRT Jabodebek tersebut ada beberapa hal yang perlu diketahui. Hal itu perlu dipahami masyarakat agar mudah dan nyaman menggunakan transportasi yang memiliki panjang lintasan 44 kilometer tersebut.

Baca Juga

1. Pembayaran tiket nontunai

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan tiket yang diberlakukan kepada pengguna hanya menggunakan uang elektronik. Pengguna LRT harus membawa kartu uang elektronik yang masih aktif dan digunakan di setiap tap in dan tap out stasiun.

Begitu juga saat masa uji coba terbatas yang hanya dikenakan tarif Rp 1. "Saat perjalanan janhan lupa untuk pastikan membawa kartu uang elektronik mereka yang masih aktif dan bisa digunakan di stasiun," kata Kuswardojo, Kamis (6/7/2023).

2. LRT memiliki tiga lintasan

LRT Jabodebek beroperasi dengan 18 titik pemberhentian. Dalam operasionalnya, terdapat tiga lintasan yang dioperasikan yakni Harjamukyi-Cawang, Jatimulya-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas.

Saat uji coba terbatas nanti, masyarakat hanya dapat memilih keberangkatan dari tiga stasiun saja. "Nanti ada Jatimulya, Harjamukti, dan Dukuh Atas. Nanti mereka bisa memilih itu," ucap Kuswardojo.

3. Terdapat kursi prioritas

Sama seperti transportasi umum lainnya, LRT Jabodebek juga memiliki fasilitas kursi prioritas. Kuswardojo memastikan kapasitas kursi prioritas ada di setiap kereta di semua rangkaian.

"Tentunya nanti bagi masyarakat yang menggunakan ini diharapkan bisa memberikan kursi sesuai kebutuhannya. Berikan kursi kepada yang berhak," tutur Kuswardojo.

4. Tidak boleh..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement