Rabu 28 Jun 2023 23:32 WIB

Petani Milenial Pasuruan Akui Usaha Sukses setelah Raih Pendampingan Kementan

Polbangtan Malang lakukan pendampingan langsung ke lokasi petani milenial

Program pendampingan usaha bagi petani milenial dan wirausahawan muda pertanian di Provinsi Jawa Timur (Jatim) menunjukkan kemajuan signifikan. Kesuksesan tersebut diakui oleh peternak domba Samsi, Edi Susanto usahawan penetasan telur bebek dan Lukman pengolah hasil ternak bebek di Kabupaten Pasuruan.
Foto:

 Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mengatakan untuk mendukung Program YESS, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian seperti peternak domba Samsi, Edi Susanto pelaku penetasan telur bebek dan Lukman pengolah hasil bebek. 

"YESS melalui berbagai program seperti pendampingan usaha bagi petani milenial yang sedang atau telah memiliki usaha pertanian. Salah satu keberhasilan petani milenial binaan Program YESS di Pasuruan," kata Setya BU yang akrab disapa Uud.

Uud mengapresiasi komitmen dan dedikasi mereka yang luar biasa dalam usaha pertaniannya. Keberhasilan mereka adalah bukti betapa pentingnya pendampingan seperti Program YESS dalam memberikan bimbingan dan pengetahuan yang relevan untuk pertumbuhan usaha. 

Semoga prestasi mereka menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terlibat dalam sektor pertanian dan mencapai kesuksesan yang serupa," kata Uud.

Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri menyambut baik kinerja dan dedikasi petani milenial Pasuruan, hal itu menunjukkan bahwa mereka telah berkembang signifikan setelah mengikuti program pendampingan usaha. 

Samsi yang fokus beternak domba mengaku berhasil mengembangkan usahanya setelah bergabung pada Program YESS dari PPIU Jatim. Sebelum bergabung, Samsi menghadapi sejumlah kendala pengelolaan dan meningkatkan produktivitas.

Pengakuan serupa dikemukakan Edi Susanto. Sebelum bergabung PPIU Jatim, dia kesulitan meningkatkan hasil produksi penetasan telur bebek. Setelah pendampingan intensif, Edi Susanto mendapat pengetahuan dan keterampilan teknik yang optimal sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan peningkatan laba usaha.

Lukman, yang fokus pada pengolahan hasil bebek, juga mengalami kemajuan signifikan setelah didukung Program YESS melalui PPIU Jatim. Sebelumnya, kendala dan tantangan menghadang, namun kini dapat mengolah hasil ternaknya menjadi produk bernilai tambah. 

 

Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri menambahkan bahwa pihaknya membuka akses pengetahuan, pelatihan, dan bimbingan melalui Program YESS sehingga dapat meningkatkan hasil produksi yang berkualitas bagi petani milenial di Jawa Timur, untuk meningkatkan laba usaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement