Sabtu 24 Jun 2023 01:15 WIB

Pertempuran Mobil Listrik Tesla dan BYD Berlanjut ke Eropa

Tesla dan BYD sama-sama sedang berburu pabrik baru di Eropa.

Dua model BYD untuk pasar Eropa hadir di Pameran Mobil Barcelona 2023 pada 11 Mei.
Foto:

Menurut Automotive News Europe, BYD sedang mempertimbangkan Prancis, Spanyol, atau Jerman untuk pabrik Eropa pertamanya. BYD berharap untuk mulai memproduksi EV di Eropa pada tahun 2025.

Wakil Presiden Eksekutif BYD Stella Li mengatakan kepada Bloomberg pada bulan Februari bahwa perusahaan ingin membuat mobil di Eropa dan sedang melakukan studi kelayakan. Menurut surat kabar Prancis Les Echos, BYD sedang berbicara dengan pemerintah Prancis tentang pembangunan pabrik di negara tersebut.  Jerman dan Spanyol adalah lokasi potensial lainnya, menurut laporan media China. Inggris bukan pesaing karena Brexit, kata laporan itu. 

Automotive News Europe (ANE) mengatakan BYD lebih cenderung membangun pabriknya sendiri daripada mengakuisisi pabrik yang sudah ada, seperti pabrik Ford Saarlouis di Jerman yang akan dinonaktifkan setelah produksi Focus berakhir tahun depan. Perusahaan berencana untuk memilih lokasi pabrik baru sebelum akhir tahun, dan diharapkan dapat mulai berproduksi pada tahun 2025.

ANE mengatakan BYD memulai ekspansinya ke Eropa tahun lalu dengan tiga model baterai-listrik - crossover kompak Atto 3, SUV besar Tang, dan sedan besar Han. Hatchback kecil Dolphin akan tiba di diler Eropa bulan depan dan sedan Seal akan mulai dijual di Eropa pada bulan September. 

Pasar Eropa BYD sekarang mencakup Jerman, Prancis, Inggris, Spanyol, dan negara-negara Skandinavia, dengan lebih banyak lagi yang akan menyusul. Perusahaan memiliki pabrik bus listrik di Hongaria yang dibuka pada 2016.

Mungkin ada pesan untuk Tesla di sana. BYD mengikuti apa yang telah menjadi praktik umum di industri otomotif dengan menawarkan berbagai model untuk memenuhi berbagai segmen pasar. 

Sementara Tesla, hingga saat ini, sangat bergantung pada Model Y. Meskipun ini adalah mobil listrik terlaris di dunia - dan merupakan periode mobil terlaris di beberapa pasar. Namun yang pasti Tesla Model Y adalah satu model dan harganya tidak terlalu murah. BYD membuat beberapa mobil kelas atas, tetapi fokusnya adalah pada pasar massal. BYD juga memperkenalkan model-model baru secara teratur, sesuatu yang ditolak Tesla.

Tesla lebih cenderung memperkenalkan satu model setiap beberapa tahun dan kemudian terus-menerus memperbaikinya dari waktu ke waktu sambil mempertahankan tampilan aslinya. Padahal hal itu bertentangan dengan kebijaksanaan konvensional dalam bisnis mobil, di mana perubahan penampilan yang konstan dianggap sebagai kunci untuk mendorong pelanggan membeli mobil baru setiap dua hingga tiga tahun.

Ini menunjukkan pertempuran besar sedang terjadi antara Tesla dan BYD, dua perusahaan yang sepenuhnya berkomitmen untuk memproduksi mobil listrik (serta truk dan bus dalam kasus BYD) tetapi memiliki filosofi bisnis yang sangat berbeda. BYD lebih tradisional, sedangkan Tesla lebih disruptive. Keduanya mungkin diperlukan untuk mewujudkan revolusi EV.

 

sumber : cleantechnica.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement