Rabu 21 Jun 2023 20:55 WIB

Peringati HKP, Pupuk Indonesia Komitmen Tingkatkan Inovasi Dukung Sektor Pertanian

Pupuk Indonesia kembangkan teknologi digital penyaluran pupuk termasuk Kios Toko Pe-i

Memperingati Hari Krida Pertanian, PT Pupuk Indonesia (Persero) terus tingkatkan berbagai inovasi untuk mendukung petani dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan produktivitas sektor pertan
Foto: Pupuk Indonesia
Memperingati Hari Krida Pertanian, PT Pupuk Indonesia (Persero) terus tingkatkan berbagai inovasi untuk mendukung petani dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan produktivitas sektor pertan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Krida Pertanian, PT Pupuk Indonesia (Persero) terus tingkatkan berbagai inovasi untuk mendukung petani dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian. Hari Krida Pertanian sendiri merupakan hari untuk menghormati dan menghargai para pelaku di bidang pertanian, peternakan, dan seluruh pihak yang terlibat.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia Wijaya Laksana menyebutkan, Pupuk Indonesia sebagai perusahaan BUMN senantiasa mendukung pelaku sektor pertanian. Dukungan ini diantaranya melalui penerapan digitalisasi di berbagai bidang. Termasuk teknologi digital dalam penyaluran pupuk secara ketat dan realtime.

“Selain itu, dalam waktu dekat ini Pupuk Indonesia dan Kementan juga akan uji coba integrasi sistem digital untuk mempermudah proses penebusan pupuk bersubsidi oleh petani di tingkat kios,” jelasnya.

Untuk menerapkan hal tersebut, lanjutnya, Pupuk Indonesia saat ini sedang intensif berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait. Karena sistem ini dibuat untuk mendukung percepatan pelaksanaan subsidi langsung ke petani. Hal ini merupakan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo.

Selain mempermudah proses penebusan, Pupuk Indonesia secara bersamaan juga terus tingkatkan ketersediaan pupuk. Khusus pupuk bersubsidi, perusahaan menyediakannya sesuai dengan alokasi atau ketetapan dari pemerintah. Sedangkan pupuk non-subsidi, Pupuk Indonesia memiliki sejumlah program unggulan untuk meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauannya, antara lain melalui pengembangan kios Toko Pe-i yang menjual produk non-subsidi hingga perluasan program Agrosolution dan Makmur yang merupakan ekosistem pertanian untuk memberikan kawalan kepada petani, mulai dari akses permodalan, bimbingan teknis, jaminan pembelian hasil panen, hingga asuransi.

Oleh karena itu, Pupuk Indonesia berkomitmen akan terus mengembangkan dan memperluas program-program tersebut ke berbagai daerah. Terutama ke wilayah sentra pertanian di sejumlah provinsi seperti di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara. Dengan pemanfaatan teknologi, Pupuk Indonesia juga akan terus mengembangkan berbagai produk yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan pupuk, sekaligus mendukung pertanian berkelanjutan.

“Pupuk Indonesia akan terus membawa semangat Hari Krida Pertanian dalam setiap aktivitas inovasinya. Kami akan terus mendukung, karena sektor pertanian telah terbukti menjadi sektor yang terus tumbuh secara positif, bahkan pada saat pandemi Covid-19,” tutur Wijaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement