Selasa 20 Jun 2023 13:58 WIB

Intel Belanjakan 33 Miliar Dolar AS di Jerman untuk Perluasan Pabrik

Pabrik chip Intel diharapkan beroperasi 4-5 tahun dengan 7.000 pekerjaan konstruksi.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, kanan, dan CEO Intel Pat Gelsinger, kiri, berjabat tangan setelah upacara penandatanganan kesepakatan antara pemerintah Jerman dan perusahaan di Kanselir di Berlin, Jerman, Senin, 19 Juni 2023.
Foto:

Fasilitas pertama di Magdeburg diharapkan mulai beroperasi 4-5 tahun setelah Komisi Eropa menyetujui paket subsidi, kata Intel. Sekitar 7.000 pekerjaan konstruksi akan tercipta pada ekspansi pertama, ditambah sekitar 3.000 pekerjaan teknologi tinggi di Intel dan puluhan ribu pekerjaan di seluruh industri, kata pembuat chip AS tersebut.

Intel mengumumkan rencana tahun lalu untuk membangun kompleks chip besar di Jerman dan fasilitas di Irlandia dan Prancis karena berusaha mendapatkan keuntungan dari aturan dan subsidi pendanaan Komisi Eropa yang lebih mudah. UE sedang mencoba untuk mengurangi ketergantungannya pada pasokan chip AS dan Asia.

Gelsinger telah mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa kesenjangan antara apa yang ditawarkan Jerman dalam bentuk subsidi dan apa yang dibutuhkan Intel terlalu besar tetapi mengatakan dia berharap untuk mencapai kesepakatan, menambahkan bahwa permintaannya harus kompetitif dalam hal biaya.

 

"Kami kehilangan industri ini ke Asia, kami harus kompetitif jika ingin mengembalikannya," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement