Selasa 20 Jun 2023 13:58 WIB

Intel Belanjakan 33 Miliar Dolar AS di Jerman untuk Perluasan Pabrik

Pabrik chip Intel diharapkan beroperasi 4-5 tahun dengan 7.000 pekerjaan konstruksi.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, kanan, dan CEO Intel Pat Gelsinger, kiri, berjabat tangan setelah upacara penandatanganan kesepakatan antara pemerintah Jerman dan perusahaan di Kanselir di Berlin, Jerman, Senin, 19 Juni 2023.
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Kanselir Jerman Olaf Scholz, kanan, dan CEO Intel Pat Gelsinger, kiri, berjabat tangan setelah upacara penandatanganan kesepakatan antara pemerintah Jerman dan perusahaan di Kanselir di Berlin, Jerman, Senin, 19 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Intel akan membelanjakan lebih dari 30 miliar euro (33 miliar dolar AS) untuk mengembangkan dua pabrik di Magdeburg dalam sebuah kesepakatan pada Senin (19/6/2023). Investasi asing terbesar di Jerman ini menjadi bagian dari dorongan ekspansi di Eropa.

Berlin telah menyetujui subsidi senilai hampir 10 miliar euro dengan pembuat chip AS, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut, lebih dari 6,8 miliar euro yang awalnya ditawarkan Intel untuk membangun dua fasilitas terdepan di kota timur.

Baca Juga

CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan dia berterima kasih kepada pemerintah dan negara bagian Saxony-Anhalt, tempat Magdeburg berada, karena memenuhi visi industri semikonduktor terdepan yang bersemangat, berkelanjutan, di Jerman dan UE. Di bawah Gelsinger, Intel telah menginvestasikan miliaran dalam membangun pabrik di tiga benua untuk memulihkan dominasinya dalam pembuatan chip dan bersaing lebih baik dengan saingan AMD, Nvidia, dan Samsung.

"Perjanjian hari ini merupakan langkah penting bagi Jerman sebagai lokasi produksi berteknologi tinggi dan untuk ketahanan kami," kata Scholz setelah penandatanganan Senin.

"Dengan investasi ini, kami mengejar teknologi terbaik dunia dan memperluas kapasitas kami sendiri untuk pengembangan ekosistem dan produksi microchip," lanjutnya.

Kesepakatan Jerman menandai investasi besar ketiga Intel dalam empat hari. Ini mengumumkan rencana pada hari Jumat untuk pabrik chip 4,6 miliar dolar AS di Polandia, anggota Uni Eropa lainnya. Sementara Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa Intel akan menghabiskan 25 miliar dolar AS untuk sebuah pabrik di sana.

Secara global, manufaktur semikonduktor diperkirakan akan menjadi industri bernilai triliunan dolar pada tahun 2030, berkembang dari 600 miliar dolar AS pada 2021, menurut McKinsey. Baik Amerika Serikat (AS) maupun Eropa mencoba untuk memikat pemain industri besar melalui campuran subsidi negara dan undang-undang yang menguntungkan, dengan Jerman khawatir akan kehilangan daya tarik sebagai tempat untuk berinvestasi.

Pemerintah di Berlin menginvestasikan miliaran euro dalam bentuk subsidi untuk memikat perusahaan teknologi, di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kerapuhan rantai pasokan dan ketergantungan pada Korea Selatan dan Taiwan untuk chip.

Kesepakatan hari Senin mencakup apa yang dikatakan Intel sebagai peningkatan dukungan pemerintah, termasuk insentif, yang mencerminkan cakupan proyek yang diperluas sejak pertama kali diumumkan pada Maret 2022. Awalnya, Intel ingin menginvestasikan 17 miliar euro di pabrik Magdeburg, jumlah yang hampir dua kali lipat menjadi lebih dari 30 miliar.

"Ini menunjukkan Jerman adalah lokasi yang sangat menarik. Kami bermain di garis depan persaingan global dan mengamankan pekerjaan yang berkelanjutan dan berkualitas serta penciptaan nilai," kata Menteri Ekonomi Robert Habeck.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement