Selasa 20 Jun 2023 06:20 WIB

Kinerja Angkutan Kapal Penumpang DLU Tumbuh hingga 15 Persen

Kinerja ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,03 persen.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fuji Pratiwi
KM Kirana I dari PT Dharma Lautan Utama (DLU).
Foto: Foto: Agus Yulianto /Republika
KM Kirana I dari PT Dharma Lautan Utama (DLU).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sepanjang semester I 2023 kinerja angkutan kapal penumpang yang dikelola PT Dharma Lautan Utama mengalami pertumbuhan 10 persen hingga 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama (DLU) Erwin H Poedjono mengungkapkan, pertumbuhan tersebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,03 persen. Erwin berharap, pada smester II 2023 kinerja angkutan kapal bisa tumbuh lebih baik baik lagi, meskipun ekonomi dunia masih dihantui ketidakpastian.

Baca Juga

"Kami harapkan kinerja tidak menurun pada semester II tahun 2023 dan industri jasa angkutan laut dapat tumbuh lebih baik lagi," ujar Erwin di Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/6/2023).

Erwin melanjutkan, pertumbuhan kinerja angkutan kapal yang dikelola DLU juga didorong penambahan armada, sehingga mampu mengakomodasi kebutuhan konsumen lebih luas lagi. Selain itu, lanjut Erwin, peningkatan kinerja juga didorong adanya momen mudik Lebaran.

Ia menjelaskan, pada masa angkutan Lebaran Idul Fitri, tepatnya pada April 2023, penumpang DLU mencatatkan tingkat loadfactor atau daya tampung hingga 100 persen. "Angkutan Lebaran yang kita kelola itu mulai 1,5 bulan sebelum lebaran sampai 1,5 bulan setelah lebaran atau sekitar tiga bulan melayani angkutan lebaran," ujarnya.

Dalam upaya meningkatkan kinerja, lanjut Erwin, DLU berencana menggelar ajang penghargaan bagi mitra atau insan perhubungan, mulai dari regulator hingga fasililator. Ajang penghargaan tersebut dibuat untuk memberikan apresiasi kepada mitra DLU yang dirasanya sukses menjalankan angkutan lebaran 2023. DLU juga akan memberi penghargaan kepada media lantaran dinilai penting dalam mentransfer informasi kepada publik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement