Selasa 13 Jun 2023 08:25 WIB

Dubes RI untuk Jepang: Kartu ATM BNI Memudahkan Transaksi Finansial Pekerja Indonesia

Layanan remitansi dari BNI didorong dapat menjangkau lebih luas.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Lida Puspaningtyas
Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi saat berbincang dengan Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji di KBRI Tokyo, Jepang, Senin (12/6/2023).
Foto: Fakhtar Khairon
Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi saat berbincang dengan Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji di KBRI Tokyo, Jepang, Senin (12/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menilai, layanan yang diberikan oleh BNI Cabang Tokyo telah membantu para pekerja diaspora untuk berbagai kebutuhan transaksi finansial. Heri mengatakan, layanan perbankan dari BNI Tokyo dapat terus dikembangkan dan menyasar diaspora Indonesia secara lebih luas. 

"Saya sendiri menggunakan dan semua staf di KBRI juga pembayarannya menggunakan BNI. Di kartu ATM itu ada Mastercardnya sehingga praktis semua bisa dilakukan untuk pembayaran atau mengirimkan dana ke Indonesia," ujar Heri di kantor KBRI Tokyo, Jepang, Senin (13/6/2023).

Baca Juga

Heri menyampaikan, kebutuhan utama pekerja Indonesia di Jepang, yakni terkait pengiriman pendapatan ke Indonesia atau remitansi. Menurut Heri, BNI Tokyo sudah mampu menjangkau masyarakat diaspora secara luas. Akan tetapi, dia mengatakan, banyak tenaga kerja Indonesia di Jepang yang belum banyak memanfaatkan kemudahan layanan dari kartu ATM BNI. Tak hanya itu, Heri juga memanfaatkan layanan mobile banking BNI untuk mengurus berbagai keperluan finansialnya, bahkan dari Tokyo. 

"Masih banyak urusan saya di Indonesia yang perlu saya urus dari Tokyo dan saya menggunakan fasilitas itu. Sangat lancar dan tidak ada masalah," ujarnya.

Heri mendorong layanan remitansi dari BNI dapat diperluas dan menjangkau lebih banyak pekerja asal Indonesia di Jepang. Dia juga meminta agar sosialisasi terkait layanan remitansi maupun kartu ATM bisa diperkuat sebelum tenaga kerja tersebut berangkat.

"Pembekalan kepada mereka juga penting karena memang ATM itu praktis," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement