Selasa 06 Jun 2023 22:30 WIB

Kementerian ESDM: Baru Ada 318 Peserta yang Daftar Konversi Motor Listrik

Bantuan subsidi konversi motor listrik diluncurkan sejak April 2023.

Teknisi merakit kit konversi motor listrik pada Vespa klasik di Elders Electrico Yogyakarta, Jumat (31/3/2023). Tren masyarakat melakukan konversi dari mesin bensin ke mesin listrik mulai naik. Harga kit konversi mesin listrik mulai dari Rp 14 juta hingga Rp 25 juta tergantung jenis kendaraan dan dayanya. Sedangkan untuk kecepatan bisa diatur menyesuaikan kemampuan baterai.
Foto:

Sebelumnya, terdapat blokir anggaran yang cukup besar pada Ditjen Ketenagalistrikan. Anggarannya dipertuntukkan bagi kegiatan clean cooking rumah tangga, Ditjen EBTKE untuk kegiatan PJUTS, dan Ditjen Migas untuk kegiatan konverter kit (konkit) nelayan dan petani, serta pembangunan alat penyalur daya listrik (APDAL).

photo
Insentif Konversi Motor Listrik - (Tim Infografis)

 

"Pengadaannya sudah selesai, ini khusus dilakukan di wilayah-wilayah yang cukup sulit di Papua, sehingga dalam proses pelaksanaannya kami bekerja sama dengan pihak TNI bersama dukungan dari PLN," kata Dadan.

Lalu, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpadu yang dibangun di 10 lokasi. Dadan menjelaskan PLTS terpadu ini merupakan usulan dari Komisi VII (DPR RI) untuk menggeser anggaran PLTS atap di 2023 ini menjadi PLTS terpadu.

"Kami lakukan di 10 lokasi dan sekarang sudah selesai pengadaannya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement