Senin 05 Jun 2023 07:26 WIB

Libur Panjang, AP II Perkirakan Penumpang Capai 877 Ribu

Rute favorit di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Bali.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) II memperkirakan, selama libur panjang pada 1-4 Juni 2023, sebanyak 20 bandara yang dikelola secara kumulatif melayani pergerakan penumpang mencapai 877 ribu penumpang. Sepanjang libur panjang akhir pekan tersebut, rute favorit di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Bali, Medan, Surabaya, Makassar, serta Padang.

Sementara itu, untuk rute internasional adalah dari dan ke Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Doha, dan Madinah. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, kolaborasi yang erat antara AP II dan stakeholder yakni maskapai, groundhandling, TNI, Polri, Otoritas Bandara, AirNav Indonesia dan lainnya memastikan penerbangan di bandara berjalan lancar.

Baca Juga

“AP II mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas koordinasi yang selalu berjalan dengan baik dan erat termasuk saat long weekend 1-4 Juni 2023,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (4/6/2023).

Dalam arus balik libur panjang tersebut, Awaluddin mengatakan juga penting saat penanganan bagasi penumpang pesawat oleh pihak groundhandling. Awaluddin mengharapkan dengan kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder, penanganan bagasi oleh groundhandling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian diambil penumpang di area pengambilan bagasi di terminal.

Begitu juga dengan alokasi parkir pesawat di tengah meningkatnya lalu lintas penerbangan. “Ini harus direncanakan dengan baik untuk mendukung kelancaran kedatangan para penumpang pesawat,” tutur Awaluddin.

Di samping itu, Awaluddin menuturkan, kecukupan armada transportasi publik di bandara AP II juga sangat penting untuk mengakomodir kebutuhan penumpang pesawat. Dia memastikan, bandara AP II berkoordinasi dengan operator transportasi publik untuk memastikan pelayanan sesuai level of service yang ditetapkan dan kecukupan armada.

“Kami berharap seluruh operator transportasi publik dapat maksimal dalam memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat,” ujar Awaluddin.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan seluruh fasilitas layanan dan operasi di Bandara Soekarno-Hatta telah dipastikan siap untuk melayani tingginya lalu lintas penerbangan. Dwi menjelaskan, fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap.

Sebagai upaya untuk juga memastikan aspek pelayanan, Dwi menuturkan Bandara Soekarno-Hatta memastikan kebersihan seluruh fasilitas publik. “Kecukupan personel dan prosedur dipastikan sesuai kebutuhan untuk memastikan kebersihan fasilitas publik. Kebersihan fasilitas publik merupakan salah satu upaya bandara AP II dalam mewujudkan journey experience terbaik,” jelas Dwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement