Sabtu 03 Jun 2023 08:30 WIB

Trafik Penumpang Mulai Meningkat, AP II Pastikan Fasilitas Bandara

Bandara Soekarno-Hatta mencatatkan jumlah penumpang 4,51 juta orang pada Mei.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Bandara Soekarno-Hatta mencatatkan jumlah penumpang mencapai 4,51 juta orang pada Mei 2023.
Foto: Republika/Prayogi
Bandara Soekarno-Hatta mencatatkan jumlah penumpang mencapai 4,51 juta orang pada Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mencatat trafik penumpang mulai meningkat mendekati kondisi normal sebelum pandemi Covid-19. Untuk mengantisipasi hal tersebut, AP II memastikan fasilitas di bandara siap melayani peningkatan penumpang.

Director of Engineering AP II Agus Wialdi menuturkan seluruh fasilitas juga dapat mendukung tingginya lalu lintas penerbangan pada Mei 2023. “Fasilitas di airside seperti runway, taxiway dan apron di 20 bandara AP II dapat optimal mendukung penerbangan” kata Agus dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga

AP II mencatat sepanjang Mei 2023, Bandara Soekarno-Hatta mencatatkan jumlah penumpang mencapai 4,51 juta orang. Total tersebut terdiri dari 3,42 juta penumpang di rute domestik dan 1,08 juta penumpang di rute internasional.

Sementara di 19 bandara AP II lainnya, jumlah penumpang secara kumulatif tercatat 2,63 juta penumpang. Lalu pada Januari-Mei 2023 secara kumulatif jumlah penumpang di 20 bandara AP II mencapai 31,66 juta penumpang.

“Sejalan dengan realisasi ini, AP II optimistis jumlah penumpang pada Januari-Desember 2023 dapat mencapai target 73 juta penumpang,” ucap Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin.

Direktur Operasi AP II Wendo Asrul Rose menuturkan kesiapan aspek operasi di bandara menjadi kunci bagi perseroan sehingga dapat mencetak rekor jumlah penumpang pada Mei 2023. Jumlah penumpang pada Mei 2023 yang mencapai 7,14 juta penumpang mengalami peningkatan 14npersenndibandingkan dengan April 2023 sebanyak 6,27 juta penumpang. Jika dibandingkan dengan Mei 2022, terjadi peningkatan lebih besar yakni mencapai 18 persen.

Wendo mengungkapkan, seluruh personel bandara baik di sisi udara (airside) dan sisi darat (land side) serta diperkuat prosedur operasi yang baik mampu menjaga operasional bandara. Begitu juga dengan lalu lintas penerbangan dengan lancar.

“Kecukupan dan kemampuan personel bandara AP II sangat mendukung kelancara operasional bandara baik di airside dan landside. Ini juga didukungn dijalankannya prosedur operasi dengan baik di bandara-bandara AP II,” ucap Wendo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement