Senin 29 May 2023 11:04 WIB

Mobil Merek China Segmen Penumpang Penjualannya Melonjak 81,4 Persen pada April

Merek China menguasai 55,2 persen pasar mobil penumpang.

Pengunjung melihat kendaraan listrik Hongqi selama pameran mobil di Stockholm, Swedia, pada Februari 2023.
Foto: Xinhua
Pengunjung melihat kendaraan listrik Hongqi selama pameran mobil di Stockholm, Swedia, pada Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING - Penjualan kendaraan penumpang merek China pada April melonjak 81,4 persen tahun ke tahun. Menurut Asosiasi Produsen Mobil China bulan lalu, total 999 ribu kendaraan penumpang merek China terjual.

Angka itu 55,2 persen dari total penjualan mobil penumpang di China sepanjang April. Sedangkan dalam empat bulan pertama 2023, penjualan merek mobil domestik naik 18,8 persen tahun ke tahun menjadi lebih dari 3,68 juta unit.

Baca Juga

Penjualan merek lokal China ini mencapai 53 persen dari total penjualan mobil penumpang di negara tersebut pada empat bulan pertama tahun ini atau naik 5,4  persentase dari periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, sebanyak 1,63 juta mobil baru terjual di pasar China pada April 2023. Menurut data yang dirilis oleh China Passenger Car Association (CPCA)  angka itu mengalami peningkatan dua persen dibandingkan Maret. 

Penjualan mobil secara keseluruhan di China April 2023 ini telah meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan April 2022, hal ini terutama disebabkan oleh merebaknya Covid-19 di China tahun lalu, yang mengakibatkan banyak perusahaan tutup. 

Sementara itu, penjualan mobil bekas China melonjak 15,23 persen tahun ke tahun dalam empat bulan pertama tahun ini. Menurut Asosiasi Dealer Otomotif China sekitar 5,74 juta kendaraan bekas berpindah tangan di negara itu, dengan total nilai transaksi 361,14 miliar yuan (51,33 miliar dolar AS).

Pada bulan April saja, penjualan kendaraan bekas di China mencapai 1,46 juta unit. “Angka tersebut turun 6,59 persen bulan ke bulan, tetapi melonjak 33,03 persen tahun ke tahun, kata asosiasi itu,” kata asosiasi tersebut dalam pernyataan yang dikutip chinadaily.com. 

Bulan lalu, nilai transaksi gabungan penjualan mobil bekas di negara itu mencapai 90,39 miliar yuan, ungkap data tersebut.

 

sumber : chinadaily.com

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement