Rabu 03 May 2023 08:54 WIB

Penjualan Mobil Semua Merek Jepang Anjlok di China

Produsen mobil Jepang bisa menghadapi soal serupa di AS seperti di China.

Orang-orang berjalan melewati stan Honda di pameran Auto Shanghai, di Shanghai, China 18 April 2023.
Foto: Reuters
Orang-orang berjalan melewati stan Honda di pameran Auto Shanghai, di Shanghai, China 18 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Produsen mobil Jepang menghadapi krisis penjualan di China. Peralihan cepat ke mobil listrik (EV) telah menjungkirbalikkan pasar mobil terbesar di dunia dan menyebabkan penurunan pembelian mobil bertenaga bensin yang selama ini diproduksi merek Jepang.

Total penjualan merek mobil Jepang di China turun 32 persen year-on-year pada kuartal pertama. Angka itu lebih dari dua kali lipat laju kontraksi pasar secara keseluruhan, menurut data industri yang dianalisis oleh Reuters dan dipublikasikan, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga

Sementara pembuat mobil lain seperti Volkswagen AG  juga telah terjebak oleh perubahan tajam di China. Namun penurunan penjualan pembuat mobil Jepang menonjol karena produksi mereka yang terbatas dalam kategori penjualan hibrida listrik dan plug-in yang tumbuh cepat.

Produksi dan margin akan berada di bawah tekanan di China karena pembuat mobil memangkas produksi dan harga mobil bertenaga bensin untuk menjaga persediaan tetap terkendali, kata para analis. Dan ini merupakan tanda mengkhawatirkan persaingan yang dapat dihadapi pembuat mobil Jepang di luar pasar dalam negeri mereka.

"Terutama pembuat mobil Jepang menghadapi persediaan mobil baru yang sedikit lebih banyak, di China,” kata Yasushi Matsui, kepala keuangan di pemasok suku cadang Denso Corp, pekan lalu seraya menambahkan pembuat mobil Jepang membuat penyesuaian.

Mitsubishi Motors Corp mengatakan pekan lalu telah menangguhkan produksi SUV Outlander di China selama tiga bulan dan akan menimbulkan cost sebesar 77 juta dolar AS untuk memperlambat penjualan di perusahaan patungannya dengan GAC Group milik negara.

Mitsubishi, seperti beberapa pembuat mobil Jepang lainnya, tidak dapat meningkatkan angka penjualan di China. Data industri yang dianalisis oleh Reuters menunjukkan penjualan kuartal pertama Mitsubishi di China turun 58 persen dari tahun sebelumnya.

Di posisi lain, Sylphy dari Nissan, sedan yang telah menjadi kendaraan terlaris di China selama tiga tahun, disingkirkan tahun lalu oleh BYD Song, plug-in hybrid buatan BYD pembuat mobil top China.

Dalam komentar melalui email, Nissan mengatakan telah menjual lebih dari 5 juta Sylphys di China selama bertahun-tahun, menambahkan bahwa versi hybrid penggerak listrik memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif di Guangzhou.

Perusahaan mengatakan sedang bekerja dengan kota-kota lain dengan dukungan serupa. “Versi hibrida penggerak listrik e-Power dari sedan tersebut akan menjadi pusat transformasi merek Nissan di China,” katanya.

'Jepang adalah pecundang terbesar'

Menurut analis Toyota Motor Corp mengatakan pendekatannya yang lambat terhadap mobil serba listrik melindungi pilihan konsumen, tetapi strategi tersebut merugikan penjualan di China.

"Jepang adalah pecundang terbesar dari perang harga sejauh ini," kata Bill Russo, pendiri dan CEO Automobility, sebuah konsultan yang berbasis di Shanghai.

"Dengan semakin terjangkaunya EV, mereka menjadi lebih menarik bagi pembeli inti yang selama ini menolak, pembeli merek asing. Jadi, Anda bisa melihat tulisannya di dinding."

Pangsa penjualan mobil Jepang di China merosot menjadi 18,5 persen pada kuartal pertama tahun ini, turun dari 24 persen pada tahun 2020, data industri dari Asosiasi Produsen Mobil China yang dianalisis oleh Reuters menunjukkan.

Toyota dan merek mewahnya Lexus membukukan penurunan 14,5 persen pada penjualan kuartal pertama. "Kami perlu meningkatkan kecepatan dan upaya kami untuk memenuhi harapan pelanggan di pasar China," kata CEO Toyota Koji Sato dalam sebuah wawancara bulan lalu.

Penjualan Nissan Motor Co Ltd turun 45,8 persen dan penjualan Mazda Motor Corp turun 66,5 persen di kuartal pertama. Honda Motor Co Ltd mengalami penurunan 38,2 persen, data industri menunjukkan.

Chief Executive Honda Toshihiro Mibe mengakui pembuat mobil itu tertinggal dari pesaing China dalam beberapa teknologi perangkat lunak.

Pembuat mobil China "jauh di depan kita dari yang kita harapkan," kata Mibe kepada wartawan pada presentasi di Tokyo yang berfokus pada upaya Honda dalam mengemudi otonom dan layanan seperti game.

Pembuat mobil Jepang membangun reputasi mereka berdasarkan faktor-faktor seperti daya tahan, tetapi pergeseran di China menunjukkan daya tarik mobil listrik dengan harga lebih rendah dan penawaran baru berdasarkan perangkat lunak, kata Masatoshi Nishimoto, analis riset utama di S&P Global Mobility di Tokyo.

"Produsen mobil Jepang bisa menghadapi perjuangan serupa di Amerika Serikat seperti di China," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement