Rabu 24 May 2023 15:03 WIB

BPS: Sensus Pertanian 2023 Dimulai 1 Juni

Sensus Pertanian 2023 akan dilaksanakan mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono, berbicara saat acara Sensus Pertanian 2023 di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/5/2023).
Foto:

Sensus Pertanian 2023 juga akan menghasilkan data pelaku usaha pertanian baik perorangan, berbadan hukum maupun pelaku usaha pertanian lainnya yang diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui sasaran yang tepat dari program pemerintah di bidang pertanian. Salah salah satunya penyaluran pupuk bersubsidi.

"Dengan mengetahui jumlah petani Indonesia beserta usianya saat ini, pemerintah juga berharap akan mendapatkan gambaran terkait kondisi regenerasi petani di dalam negeri," ucap Margo.

Margo menilai, gambaran tersebut penting agar Indonesia bisa segera mengambil langkah untuk mengantisipasi persoalan usia petani yang semakin menua atau aging farmers. Kondisi tersebut juga terjadi secara global.

Sebelumnya, BPS juga sudah melakukam rangkaian kegiatan Sensus Pertanian 2023 sudah sejak 2021. Rangkaian kegiatan persiapan telah dilaksanakan, mulai dari penyusunan instrumen hingga pelaksanaan gladi bersih.

"Rencananya, seluruh kegiatan akan berakhir pada 2024 dengan publisitas dan diseminasi hasil Sensus Pertanian 2023," tutur Margo.

Responden yang akan didata meliputi usaha pertanian perorangan atau usaha pertanian lainnya (seperti kelompok tani). Begitu juga usaha pertanian berbadan hukum di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam pelaksanaanya, Sensus Pertanian 2023 juga akan melibatkan 190 ribu petugas sensus yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ke depan, laniut Margo, setelah data dari sensus pertanian terkumpul, Presiden Jokowi diharapkan mengatur pemanfaatan berbagi pakai data hasil sensus.

 

"Data ini diharapkan dapat membuat program di bidang pertanian dari berbagai kementerian dan lembaga di bidang pertanian lebih akurat dan tidak tumpang tindih," jelas Margo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement